Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya salah satu pembelajaran yaitu penerapan metode
ceramah, dari sekian banyak metode yang ada metode ceramah yang sering di gunakan, tetapi
dalam praktiknya penerapan metode ceramah ini tidak sesuai dengan teori yang ada karena ini
penting diteliti. Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan tepatnya di MTs AlHidayah Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara. Bahwa telah ditemukan salah satu
pembelajaran yaitu penerapan metode ceramah, dari sekian banyak metode pembelajaran yang ada
metode ceramah lah yang sering dipakai, dalam pelaksanaan nya metode ceramah ini tidak sesuai
dengan penerapan yang ada. Metode ceramah tersebut jika digunakan sesuai dengan langkahlangkah maka akan sangat bagus jika diterapkan. Karena penerapan tidak sesuai digunakan
dengan langkah-langkah yang tepat maka metode ceramah tersebut menjadi kurang baik,
mengakibatkan anak jadi pasif dan juga mengantuk saat guru menjelaskan
Pelaksanaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs AlHidayah Kecamatan Pulau Maya Tahun Pelajaran 2021/2022 yang peneliti laksanakan terdiri dari
empat tahap yaitu: Tahap Persiapan. Pertama, merumuskan tujuan yang ingin di capai. Kedua,
menentukan pokok-pokok yang akan diceramah. Ketiga, mempersiapkan alat bantu. Tahap
Pelaksanaan. Pertama, yakinkan bahwa siswa memahami tujuan yang akan di sampaikan. Kedua,
lakukan langkah apersepsi. Tahap Penyajian. Pertama, menjaga kontak mata secara terus menerus
dengan siswa. Kedua, gunakan bahasa yang kumulatif dan mudah dicerna oleh siswa. Ketiga,
sajikan materi pembelajaran secara sitematis. keempat, tanggapi respon siswa dengan segera.
Kelima, guru tetap menjaga suasana dan kondisi kelasnya. Tahap Langkah Mengakhiri atau
Menutup. Pertama, guru menuntun siswa untuk menyimpulkan inti pembelajaran. Kedua,
membuat rangsangan kepada siswa agar dapat membuat tanggapan. Ketiga, guru memberikan
evaluasi terhadap pembelajaran.
Hasil yang di temukan bahwa Guru di MTs Al-Hidayah belum menerapkan beberapa
langkah-langkah yang semestinya. Dalam tahap persiapan terdapat tiga poin di dalam tahap
persiapan, namun ada satu yang belum dilaksanakan guru, tahap pelaksanaan terdapat dua poin
dalam penerapannya, dimana guru sudah menerapkan nya dengan baik cuman ada satu yang tidak
di laksanakan, tahap penyajian terdapat lima poin dalam penerapannya, yang mana semua nya
telah di laksanakan dengan baik, langkah mengakhiri/menutup terdapat tiga poin ini juga sudah di
lakukan dengan baik dan tetap di pertahankan. Hendaknya dalam penerapan metode ceramah agar
memperhatikan langkah-langkah dan memperdalam kembali mengenai faktor-faktor pendukung
dalam kebutuhan metode ceramah tersebut, agar bisa lebih sempurna dalam penerapannya.