PELAKSANAAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL-HIDAYAH KECAMATAN PULAU MAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Gunawan, Gunawan
dc.date.accessioned 2023-03-03T02:50:48Z
dc.date.available 2023-03-03T02:50:48Z
dc.date.issued 2022-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2441
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya salah satu pembelajaran yaitu penerapan metode ceramah, dari sekian banyak metode yang ada metode ceramah yang sering di gunakan, tetapi dalam praktiknya penerapan metode ceramah ini tidak sesuai dengan teori yang ada karena ini penting diteliti. Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan tepatnya di MTs AlHidayah Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara. Bahwa telah ditemukan salah satu pembelajaran yaitu penerapan metode ceramah, dari sekian banyak metode pembelajaran yang ada metode ceramah lah yang sering dipakai, dalam pelaksanaan nya metode ceramah ini tidak sesuai dengan penerapan yang ada. Metode ceramah tersebut jika digunakan sesuai dengan langkahlangkah maka akan sangat bagus jika diterapkan. Karena penerapan tidak sesuai digunakan dengan langkah-langkah yang tepat maka metode ceramah tersebut menjadi kurang baik, mengakibatkan anak jadi pasif dan juga mengantuk saat guru menjelaskan Pelaksanaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs AlHidayah Kecamatan Pulau Maya Tahun Pelajaran 2021/2022 yang peneliti laksanakan terdiri dari empat tahap yaitu: Tahap Persiapan. Pertama, merumuskan tujuan yang ingin di capai. Kedua, menentukan pokok-pokok yang akan diceramah. Ketiga, mempersiapkan alat bantu. Tahap Pelaksanaan. Pertama, yakinkan bahwa siswa memahami tujuan yang akan di sampaikan. Kedua, lakukan langkah apersepsi. Tahap Penyajian. Pertama, menjaga kontak mata secara terus menerus dengan siswa. Kedua, gunakan bahasa yang kumulatif dan mudah dicerna oleh siswa. Ketiga, sajikan materi pembelajaran secara sitematis. keempat, tanggapi respon siswa dengan segera. Kelima, guru tetap menjaga suasana dan kondisi kelasnya. Tahap Langkah Mengakhiri atau Menutup. Pertama, guru menuntun siswa untuk menyimpulkan inti pembelajaran. Kedua, membuat rangsangan kepada siswa agar dapat membuat tanggapan. Ketiga, guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran. Hasil yang di temukan bahwa Guru di MTs Al-Hidayah belum menerapkan beberapa langkah-langkah yang semestinya. Dalam tahap persiapan terdapat tiga poin di dalam tahap persiapan, namun ada satu yang belum dilaksanakan guru, tahap pelaksanaan terdapat dua poin dalam penerapannya, dimana guru sudah menerapkan nya dengan baik cuman ada satu yang tidak di laksanakan, tahap penyajian terdapat lima poin dalam penerapannya, yang mana semua nya telah di laksanakan dengan baik, langkah mengakhiri/menutup terdapat tiga poin ini juga sudah di lakukan dengan baik dan tetap di pertahankan. Hendaknya dalam penerapan metode ceramah agar memperhatikan langkah-langkah dan memperdalam kembali mengenai faktor-faktor pendukung dalam kebutuhan metode ceramah tersebut, agar bisa lebih sempurna dalam penerapannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Ceramah en_US
dc.title PELAKSANAAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL-HIDAYAH KECAMATAN PULAU MAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account