Abstract:
Penelitian ini
membahas tentang penerapan analisis SWOT dalam strategi pemasaran pada
UMKM Wida Mantolo di Ketapang. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menegetahui
penerapan analisis SWOT pada UMKM Wida Mantolo; 2) Mengetahui strategi
pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Wida Mantolo.”Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber
data penelitian ini terdiri dari dua sumber, yaitu dari sumber primer dan sumber
sekunder; 1) Sumber data primer adalah pemilik sekaligus Manager UMKM Wida
Mantolo di Ketapang; 2) Sumber data sekunder adalah buku-buku dari
perpustakaan, jurnal, skripsi, dokumen-dokumen serta artikel yang berkaitan
dengan masalah penelitian.”Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan
analisis SWOT pada UMKM Wida Mantolo di Ketapang berdasarkan diagram
SWOT menghasilkan nilai yang cukup baik dengan nilai faktor kekuatan (strength)
1,88 , kelemahan (weakness) 1,69 , peluang (opportunity) 1,92 , ancaman (threats)
0,87 . 2) Strategi pada UMKM Wida Mantolo di Ketapang berdasarkan diagram
cartecius adalah menggunakan GOS (Growth Oriented Strategy) sehingga”dapat
memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk merebut berbagai peluang yang ada
sehingga UMKM Wida Mantolo dapat menyeimbangi pesaing lain yang
mengeluarkan produk sejenis.’