Abstract:
Penelitian ini membahas tentang Strategi Pemasaran Keripik Mak
Ros di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah : 1)
untuk mengetahui strategi pemasaran produk usaha mikro kecil mengah
(UMKM) Keripik Mak Ros Di Kota Pontianak Kalimantan Barat, 2)
untuk mengetahui strategi penetapan harga yang ditawarkan dalam
pemasaran pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) Keripik Mak Ros di
Kota Pontianak Kalimantan Barat,3) untuk mengetahui strategi penempatan
lokasi usaha mikro kecil menegah (UMKM) Keripik Mak Ros di Kota
Pontianak Kalimantan Barat, 4) untuk mengetahui strategi promosi usaha
mikro kecil menengah (UMKM) Keripik Mak Ros di Kota Pontianak
Kalimantan Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari dua
sumber, yaitu dari sumber primer dan sumber sekunder. 1) Sumber data
primer adalah Pemilik usaha Keripik Mak Ros manager Keripik Mak Ros,
Keripik Mak Ros di Kota Pontianak Kalimantan Barat. 2) Sumber data
sekunder adalah buku-buku dari perpustakaan, jurnal, skripsi, dokumendokumen serta artikel yang berkaitan dengan masalah penelitian.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Strategi pemasaran
produk yang dilakukan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) Keripik
Mak Ros yaitu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas serta dilakukan
kualiti kontrol selama proses produksi hingga menjadi produk yang layak di
jual, 2) Strategi penetapan harga pada produk yang dilakukan oleh usaha
mikro kecil menengah (UMKM) Keripik Mak Ros di Kota Pontianak
Kalimantan Barat di ambil dari 40% HPP (harga pokok penjualan), 30%
biaya marketing, 10% gaji karyawan, dan 20% laba kotor, 3) Strategi
penempatan lokasi usaha mikro kecil menegah (UMKM) Keripik Mak Ros
di Kota Pontianak Kalimantan Barat berdasarkan tata letak bangunan yang
strategis yaitu mudah dalam mendapatkan bahan baku, fasilitas listrik dan
air bersih, serta lingkungan masyarakat yang nyaman dan ramah.