Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
mengenai motif pengguna dan kepuasan followers akun Instagram
@Tkp_Pontianak2018. Metode penelitian yang digunakan adalah expost facto
dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan teori Uses and
Gratification di media sosial. Pengumpulan data melalui survey online dan
wawancara founder. Alat pengumpulan data kuantitatif ini menggunakan
validasi 2 expert judgement dianalisis menggunakan formula Aiken’s, analisis
validitas konstruk Exploratory Factor Analysis (EFA), reliabilitas instrumen
dianalisis menggunakan Cronbach’s Alpha, dan diuji kepraktisan
menggunakan uji kuantitatif sederhana. Dalam mengolah data, peneliti
menggunakan program SPSS dan JASP. Hasil validitas konstruk expert
judgement menunjukkan validitas ≥ 0,30 bahwa seluruh item valid. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memiliki dampak
positif dan negatif, yang memiliki motif dan kepuasan yang berbeda – beda.
Kemudian dipengaruhi oleh keadaan psikologis dan lingkungan sosial yang
menimbulkan keinginan yang disebut sebagai motif. Sehingga pada Hasil uji
skala kecil dengan menggunakan daya beda menunjukkan 32 butir yang
diujikan dinyatakan valid. Kesimpulan bahwa instrumen penilaian motif
pengguna dan kepuasan followers akun Instagram @Tkp_Pontianak2018
memiliki validitas. Dan hasilnya terdapat pengaruh motif penggunaan media
sosial Instagram terhadap kepuasan followers sebesar 86%.