Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh yang peneliti lakukan di MIS Nurul Muslimin
yang merupakan salah satu madrasah yang sangat diminati masyarakat khususnya
muslim yang ada di Sungai Raya. Dari data yang diperoleh dari Kepala Madrasah
bahwa hasil UAS khususnya mapel PAI masih tidak mendapatkan batas nilai
ketuntasan. Hal ini dikarenakan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran.Untuk mengatasi masalah ini tentunya harus ada strategi yang harus
dilakukan kepala madrasah dan guru yaitu dengan melakukan inovasi pada
pembelajaran. Salah satu strategi kepala madrasah yaitu meningkatkan kompetensi
professional dan pedagogik guru PAI dianggap sangatlah tepat. Dengan upaya ini
diharapkan mampu memberikan dorongan kepada seluruh guru untuk melaksanakan
model pembelajaran yang menarik dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan
kompetensi guru dan hasil belajar siswa di MIS Nurul Muslimin.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Program Kepala madrasah dalam
meningkatkan Kompetensi profesional dan pedagogik Guru PAI di MIS Nurul
Muslimin.2)Implementasi program kepala madrasah dalam meningkatkan Kompetensi
Profesional dan pedagogik guru PAI. 3) Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru
PAI di MIS Nurul Muslimin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriftif.
Sumber datanya yaitu Kepala Madrasah MIS Nurul Muslimin dan Guru PAI. Adapun
teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sementara data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan
kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program Kepala MIS Nurul Muslimin
Sungai Raya Kubu Raya dalam kaitannya dengan peningkatan kompetensi profesional
dan pedagogik guru terdiri dari program jangka panjang, menengah dan pendek.
2)Implementasi program Kepala MIS Nurul Muslimin terhadap kompetensi
profesional dan pedagogik guru PAI dapat berupa kegiatan KKG, KKM, IHT,
pelatihan.3) Setelah melakukan berbagai upaya, terdapat peningkatan kompetensi
profesional dan pedagogik guru PAI dengan melihat hasil penilaian kinerja guru.
Sehingga, upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah melalui programnya dinilai
berhasil meningkatkan kompetensi guru.