dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, langkah-langkah
penggunaan model examples non examples pada pembelajaran tematik tema 8
kelas IV di SD Negeri 22 Pontianak Barat tahun pelajaran 2021/2022. Kedua,
keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 kelas IV di
SD Negeri 22 Pontianak Barat tahun pelajaran 2021/2022. Ketiga, pengaruh
penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta
didik pada pembelajaran tematik tema 8 kelas IV di SD Negeri 22 Pontianak
Barat tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen
one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik SD
Negeri 22 Pontianak Barat kelas IV dengan sampel peserta didik kelas IV A.
Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan lembar tes dan dokumentasi.
Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif
dan uji hipotesis dengan teknik uji Paired Sample T-Test.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) langkahlangkah penggunaan model examples non examples yang tepat dan sesuai dapat
meningkatkan keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik
tema 8. 2) keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8
diperoleh pada uji pre-test tidak terdapat peserta didik yang mencapai kategori
tuntas dengan presentase 0% memiliki rata-rata 56,91. 3) terdapat pengaruh yang
signifikan pada penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan
menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 hal tersebut dibuktikan
dengan hasil perhitungan uji posttest terdapat 30 peserta didik mencapai kategori
tuntas dengan presentase 88,24% memiliki rata-rata 80,44 dan hasil analisis dari
tabel Uji Paired Sample T Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000
mengartikan bahwa 0,000 lebih kecil daripada 0,05 maka hipotesis atau Ha
diterima. |
en_US |