PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 KELAS IV

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Khalida, Nurul
dc.date.accessioned 2023-02-23T01:59:02Z
dc.date.available 2023-02-23T01:59:02Z
dc.date.issued 2022-11-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2393
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, langkah-langkah penggunaan model examples non examples pada pembelajaran tematik tema 8 kelas IV di SD Negeri 22 Pontianak Barat tahun pelajaran 2021/2022. Kedua, keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 kelas IV di SD Negeri 22 Pontianak Barat tahun pelajaran 2021/2022. Ketiga, pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 kelas IV di SD Negeri 22 Pontianak Barat tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 22 Pontianak Barat kelas IV dengan sampel peserta didik kelas IV A. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) langkahlangkah penggunaan model examples non examples yang tepat dan sesuai dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8. 2) keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 diperoleh pada uji pre-test tidak terdapat peserta didik yang mencapai kategori tuntas dengan presentase 0% memiliki rata-rata 56,91. 3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji posttest terdapat 30 peserta didik mencapai kategori tuntas dengan presentase 88,24% memiliki rata-rata 80,44 dan hasil analisis dari tabel Uji Paired Sample T Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 mengartikan bahwa 0,000 lebih kecil daripada 0,05 maka hipotesis atau Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject model examples non examples en_US
dc.subject keterampilan menulis en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 KELAS IV en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account