Abstract:
Akhlak adalah keadaan atau sifat yang ada dalam jiwa yang menjadi suatu
kepribadian, dari situlah timbulnya macam-macam perbuatan yang otomatis tanpa
memerlukan berfikir. Akhlak itu ada dua macam yaitu akhakul karimah dan
akhlakul mazmumah. Terbentuknya akhlak yang baik dan akhlak yang tidak baik
bisa dilihat dari lingkungannya dan pergaulannya. Oleh karena itu perlu adanya
pembinaan akhlak agar setiap individu terbentuk kepribadiannya menjadi pribadi
muslim yang bermoral baik, jujur, beradab, suci, sopan dan juga beriman serta
taqwa kepada Allah SWT.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) bagaimana pelaksanaan
pembinaan akhlak siswa di SMP Islam Mathla’ul Anwar kelas IX Sungai Pinyuh,
(2) bagaimana akhlak siswa di SMP Islam Mathla’ul Anwar kelas IX Sungai
Pinyuh.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif, pengambilan data enggunakan wawancara, dokumentasi dan
observasi. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data untuk memilih dan
memilah mana yang berkaitan dengan penelitian, kemudian penyajian data, dan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) metode pembelajaran yang
diguanakan oleh guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP Islam Mathla’ul
Anwar Sungai Pinyuh adalah Metode cerita, Pemberian Tugas, Pemberian
Hukuman. (2) peran guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP Islam
Mathla’ul Anwar Sungai Pinyuh ialah sebagai Pendidik Siswa, sebagai Pengajar
Siswa, dan sebagai Pembimbing Siswa. Adapun dampak dari peran guru PAI
dalam membina Akhlak siswa ialah siswa tersebut dapat bersikap baik terhadap
orang tua di rumah, rajin beribadah di rumah, dan bersikap jujur.