Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah berupa kurangnya fasilitas
dalam media pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar normal yang
dilakukan guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam
kurang diminati peserta didik. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar peserta
didik kurang aktif dalam proses belajar.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; 1) Kegiatan
belajar mengajar guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan
Islam pada masa normal di MTs Al Fathaanah Mempawah Tahun Pelajaran
2021/2022, 2) Kendala dalam kegiatan belajar mengajar guru mata pelajaran
Akidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam pada masa normal di MTs Al
Fathaanah Mempawah Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Cara mengatasi
permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar pada masa normal di MTs Al
Fathaanah Mempawah Tahun Pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
yaitu fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran
Akidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data model
deskriptif yang terdiri dari yaitu: reduksi data, penyajian (display) data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Kegiatan belajar mengajar guru
mata pelajaran Akidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam pada masa normal
berlangsung secara biasa yaitu melalui kegiatan awal, inti dan penutup dimana guru
sebelum memulai pembelajaran normal guru menyiapkan RPP, buku dan media
lainnya. 2) Kendala yang dialami oleh guru Akidah Akhlak dan Sejarah
Kebudayaan Islam pada masa normal salah satunya yaitu fasilitas media
pembelajaran yang ada di MTs Al Fathaanah Mempawah kurang memadai. 3) Cara
mengatasi kendala kegiatan belajar mengajar pada masa normal dalam menyikapi
minimnya media pembelajaran pihak sekolah harus memfasilitasi kegiatan belajar
mengajar secara normal sehingga proses belajar peserta didik dapat aktif.