dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta
didik Kelas III SDN 24 Pontianak Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah:
1) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik sebelum menggunakan
media videoscribe pada pembelajaran tematik tema VI bubtema 2 Kelas III
SDN 24 Pontianak Timur tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui
minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema VI subtema 2
kelas III SDN 24 Pontianak Timur tahun pelajaran 2021/2022 sesudah
menggunakan media videoscribe. 3) Untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh media videoscribe terhadap minat belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik tema VI subtema 2 kelas III SDN 24 Pontianak Timur
tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini (pre
eksperimental) dan menggunakan one grup pre test –post test desain.
Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang
berjumlah 76 orang, pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan
teknik non probability Sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini kelas IIIA yang berjumlah 37 orang.
Alat pengumpulan data berupa angket minat belajar dan observasi respon
peserta didik setelah menggunakan media Videoscribe.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : (1) Minat
belajar peserta didik dikelas IIIA SDN 24 Pontianak Timur sebelum
menggunkan media videoscribe mendapatkan nilai rata-rata 5,97.(2) Minat
belajar peserta didik dikelas III A SDN 24 Pontianak Timur Setelah
menggunkan media videoscribe mendapatkan nilai rata-rata 7,24. (3)
Terdapat pengaruh media videoscribe terhadap minat belajar peserta didik
kelas III A pada tema VI Sumber Energi subtema 2 Perubahan Energi SDN
24 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2021/2022 dimana hasil dari perhitungan
Effect Size memperoleh nilai 0,74 dengan kategori sedang. |
en_US |