Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka
Terbatas terhadap Perkembangan Anak Usia Dini pada Aspek Kognitif di Tk se-
kota Pontianak. Efektivitas itu merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran
untuk meningkatkan kognitif peserta didik namun kenyataannya di lapangan
masih ditemukan efektivitas itu belum maksimal sehingga hasil kognitif peserta
didik belum mencapai target maksimal KKM yang telah ditentukan.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas pembelajaran tatap
muka terbatas terhadap perkembangan anak usia dini pada aspek kognitif di TK
se-kota Pontianak, serta untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru
selama pembelajaran tatap muka terbatas pada perkembangan aspek kognitif di
TK se-kota Pontianak. Untuk mencapai tujuan penelitian ini digunakan
pendekatan kuantitatif , dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh TK se-kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini menggun
akan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 30 TK se-
kota Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan,
kuesioner, wawancara, dokumentasi, dengan proses kerja, validasi instrumen
kuesioner, validasi instrumen wawancara, penyebaran kuesioner, pengumpulan
data menggunakan statistik atau hitungan yang dipaparkan secara sistematik dan
hitungan deskriptif melalui excel dengan ciri-ciri aktual, data sekarang dan
faktual fakta yang sebenarnya.
Hasil penelitian efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap
perkembangan anak usia dini pada aspek kognitif di TK se-kota Pontianak,
menunjukan bahwa, pengelolaan pembelajran 3,11 dikategori Efektif. Aktivitas
pembelajaran 3,14 dikategori Efektif. Ketuntasan pembelajaran 3,20 dikategori
Efektif, Sarana dan prasarana pembelajaran 3,15 dikategori Efektif. secara
keseluruhan dirata-ratakan dari keempat nilai IKM setiap kategori berada pada
nilai interval indeks kepuasan masyarakat sebesar 3,15, yaitu memiliki makna
kinerja unit pelayanan berada pada kategori “efektif”.
Kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran tatap muka terbatas
terhadap perkembangan aspek kognitif. Kendala yang tampak dalam PTM
terbatas ini dilihat dari kendala internal dan eksternal, internal terdapat pada diri
guru dalam menggunakan media berkaitan dengan kekurangan waktu guru,
kendala kesiapan guru dalam menyiapkan media-media sesuai dengan
perkembangan peserta didik, kendala eksternal adalah persiapan sarana dan
prasarana yang belum memperhatikan perkembangan usia anak dan belum
menyesuaikan dengan kondisi media yang digunakan di sekolah.