Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di Madrasah
Tsanawiyah At-Ta’lim II Tanjung Pandan yaitu kurangnya kedisiplinan peserta
didik dalam melaksanakan shalat ashar berjama’ah, sehingga dibutuhkan upaya
untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan. 1) Bagaimana upaya guru Fiqih dalam meningkatkan
kedisiplinan waktu peserta didik melakasanakan shalat Ashar berjama’ah. 2)
Bagaimana upaya guru Fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan perbuatan peserta
didik melaksanakan shalat ashar berjama’ah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model interaktif.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan. Upaya
yang dilakukan guru Fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik
melakasanakan shalat ashar berjama’ah di Madrasah Tsanawiyah At-Ta`lim II
Tanjung Pandan. 1) Upaya guru Fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan waktu
peserta didik melaksanakan shalat ashar berjama’ah yaitu, guru mengarahkan
semua siswa untuk mengikuti shalat ashar berjama’ah pada saat waktu ashar tiba,
Semua dewan guru dan siswa melaksanakan shalat ashar berjama’ah sesuai jadwal
dan waktu shalat ashar, Siswa dilarang meninggalkan atau tidak mengikuti shalat
ashar berjama’ah. 2) Upaya guru Fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan
perbuatan peserta didik melaksanakan shalat ashar berjama’ah yaitu, memberi
angka atau nilai, hadiah, ego imvolvement (menumbuhkan kesadaran), pujian.
melalui ketauladanan, teguran, memberikan jam tambahan belajar, hukuman.