Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa ingin tahu peneliti terhadap
Sejarah Pertumbuhan MTs. Al- Irsyad Tanjung Raya 2 Saigon Pontianak Timur.
1982-2018. Berdasarkan Hasil survei peneliti menemukan faktor yang melatar
belakangi berdirinya MTs. Al-Irsyad Tanjung Raya Saigon Pontianak Timur
Yaitu didasarkan karena di kawasan tanjung raya 2 pada tahun 1982 belum ada
satupun madrasah sehingga para tokoh masyarakat mempelopori pembangunan
MTs. Al-Irsyad untuk memberikan pendidikan Agama terhadap Masyarakat
khususnya anak-anak di daerah Saigon, karena pada tahun 1982 belum ada
satupun Madrasah ataupun TPA. Dari beberapa alasan itulah H.Arsyad dkk
bergerak untuk mewujudkan cira-cita yang mulia tersebut, Hingga saat ini
MTs.Al-Irsyad di kenal dengan mana Madrsah Saigoniyah. Penelitian ini
Bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana Latar Belakang Berdirinya MTs.Al-
Irsyad Tanjung Raya 2 kelurahan Saigon Pontianak Timur. 2) Bagaimana
Perkembangan Pembelajaran PAI di MTs. Al-Irsyad Tanjung Raya 2 kelurahan
Saigon Pontianak Timur. 3) Bagaimana prestasi akademik Non akademik siswa
MTs.Al-Irsyad Tanjung Raya 2 kelurahan Saigon Pontianak Timur
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode
deskriftif. Digunakan metode deskriptif dikarenakan peneliti ini hanya bertujuan
untuk mengambarkan atau menguak fakta secara objektif sesuai dengan
kebutuhan peneliti secara apa adanya. teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah: pertama teknik wawancara mendalam kedua. Dokumentasi. Sedadngkan
teknik analais data yang digunakan adalah pertama Reduksi Data, kedua
Penyajian Data, ketiga Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan Hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan
Pertama Latar Belakang Berdirinya MTs.Al-Irsyad Tanjung Raya 2 kelurahan
Saigon Pontianak Timur Pada awal didirikannya Madrasah Al-Irsyad yaitu
tahun 1982 hanya berupa Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) pada tahun 1991
H. Arsyad dan H. Abdul Ghani mempelopori pembangunan MTs demi
menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlakul karimah, kedua
Perkembangan Pembelajaran PAI di MTs. Al-Irsyad Tanjung Raya 2 kelurahan
Saigon Pontianak Timur. Peningkatan mutu tidak akan terealisir tanpa andil
semua pihak. Untuk itu, demi peningkatan Pembelajaran madrasah perlu dibantu,
dibela dan diperjuangkan oleh pihak sekolah dan masyarakat. Ketiga
perkembangan prestasi akademik non akademik siswa MTs.Al-Irsyad Tanjung
Raya 2 kelurahan Saigon Pontianak Timur
pengajaran MTs. Al-Irsyad
senantiasa berupaya untuk mengupayakan semaksimal mungkin dalam bidang
pengajaran selalu giat dalam memberikan pelatihan dalam bidang pelajaran
maupun yang nantinya akan mereka gunakan untuk berkompetisi dalam mencapai
prestasi.