Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap, (1) apa saja makna edukasi
yang dapat dikonstruksi dalam aspek aqidah dari budaya tolak bale. (2) apa
saja makna edukasi yang dapat dikonstruksi dalam aspek ibadah dari budaya
tolak bale. (3) apa saja makna edukasi yang dapat dikonstruksi dalam aspek
akhlak dari budaya tolak bale.
Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi digunakan
dalam penelitian ini dengan sumber data yakni tokoh adat, tokoh agama,
pelaksana dan masyarakat yang berpartisipasi. Teknik yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi
dengan instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman
observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data merujuk pada
model Miles & Hubermen dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya agar data yang terkumpul
diyakini secara faktual dan aktual, maka dilakukan pemeriksaan keabsahan
data dengan triangulasi dan member check.
Hasil pengolahan data telah mampu menjawab pertanyaan
penelitian ini. untuk menjawab makna edukasi yang dikonstruksi peneliti
terlebih dahulu membahas nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam
pelaksanaan budaya tolak bale hal ini dilakukan peneliti agar maksud yang
disampaikan terjawab dengan baik oleh makasyarakat. Adapun nilai
pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi ini yakni terdapat nilai
pendidikan aqidah, ibadah, dan pendidikan akhlak. Berdasarkan nilai-nilai
pendidikan tersebut dapat tergambar bahwa makna edukasi yang
terkonstruksi dari pelaksanaan budaya tolak bale pada aspek aqidah yakni
sebagai peningkat rasa tawakal. Kemudian pada aspek ibadah makna
edukasi yang terkonstruksi yakni sebagai pembangun kesadaran beribadah
masyarakat dan sebagai peningkat rasa syukur. Terakhir makna edukasi
yang dkonstruksi pada aspek akhlak yakni sebagai peningkat rasa percaya
diri, menumbuhkan rasa kedisiplinan, dan pembangun rasa kekeluargaan
masyarakat. Nilai-nilai positif yang terdapat dalam budaya ini membuktikan
bahwa budaya ini layak dan baik untuk terus dipertahankan dan dilestarikan
keberadaannya.