Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap faktor-faktor yang
memotivasi orang tua memilih pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan
untuk anaknya dan mengetahui upaya program Pondok Pesantren Darul Hidayah
dalam menjaga mutu pendidikan.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini
terdari dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu 1) Sumber primer adalah
hasil wawancara pengurus dan walisantri serta observasi santri Pondok Pesantren
Darul Hidayah. 2) Sumber sekunder adalah kumpulan buku dan jurnal hasil
penelitian terdahulu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
teknik komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara dan teknik
dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan
analisis model interaktif.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa terdapat dua jenis motivasi orang tua memilih pondok pesantren sebagai
lembaga pendidikan untuk anaknya, yaitu motivasi intrinsik dan ektrinsik. 1)
Motivasi intrinsik adalah motivasi yang datangnya dari dalam diri orang tua. Pada
penelitian ini ditemukan motivasi intrinsik orang tua yaitu agar anaknya
memperdalam ilmu agama dan menjadi anak yang saleh/salihah, Kemudian Agar
anak mandiri dan berakhlak baik. 2) Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang
dipengaruhi akibat dorongan dari luar diri orang tua. Pada penelitian ini ditemukan
motivasi ektrinsik orang tua yaitu karena di Pondok Pesantren Darul memiliki
kualitas pendidikan agama yang baik, biaya pendidikannya terjangkau dan
dorongan lingkungan masyarakat yang religius.