Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkurangnya penanaman nilai-nilai
karakter dalam diri setiap siswa untuk berperilaku dan menjalankan kehidupan
sehari-hari sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Berangkat dari hal ini maka
peneliti ingin mengkaji nilai-nilai karakter yang ada di dalam program one week
one juz dan sejauh mana penanaman nilai-nilai karakter itu diterapkan kepada
siswa di SMA Negeri 1 Pontianak khusus nya kelas X IPS 2. Tujuan penelitian
dalam skripsi ini ada 5 yaitu : Untuk mendapatkan data tentang (1) Bentuk-bentuk
kegiatan program One week one juz di SMA Negeri 1 Pontianak Tahun Pelajaran
2019/2020. (2) Nilai-nilai karakter dalam program One week one juz di SMA
Negeri 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Proses internalisasi karakter
dalam program One week one juz di SMA Negeri 1 Pontianak Tahun Pelajaran
2019/2020. (4) Kendala yang muncul dalam proses internalisasi program One
week one juz di SMA Negeri 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. (5) Usaha
yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala yang muncul dalam proses
internalisasi nilai karakter dalam program one week one juz di SMA Negeri 1
Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Studi kasus kelas X IPS 2 tahun pelajaran
2019/2020.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam
penelitiaan ini adalah guru PAI dan Budi Pekerti (Bapak Untung Surya M.Ag)
dan siswa kelas X IPS 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara tidak langsung melalui (daring Whatsapp). Untuk mengolah
keabsahan data penelitian digunakan uji member check.
Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian, tentang internalisasi
nilai-nilai karakter pada program one week one juz di SMA Negeri 1 Pontianak
tahun pelajaran 2019/2020. Diantaranya (1) Yaitu kegiatan yang dilaksanakan
pada program ini, sama hal nya dengan kegiatan tadarusan atau mengaji pada
umumnya, yang membedakannya hanyalah jangka waktu yang di tetap kan,
setiap siswa harus membaca sebanyak satu jus dalam waktu satu minggu. (2)
Nilai-nilai karakter yang tertanam dalam program ini yaitu religius, mandiri,
tanggung jawab, disiplin, gemar membaca, dan kejujuran. (3) Proses penanaman
nilai-nilai karakter dilakukan melalui pembiasaan membaca Al-qur’an di sela-sela
waktu luang setiap siswa. (4) Kendala yang muncul adalah rasa malas yang di
alami oleh setiap siswa dan lupa melaporkan jumlah bacaan Al-qur’an nya. (5)
Usaha yang dilakukan guru ialah dengan tetap memberikan dukungan, motivasi
dan nasehat, kepada siswa agar mereka tidak merasa terbebani dengan program
yang dilaksanakan ini.