Abstract:
Latar belakang penelitian merupakan kecenderungan peserta didik di usia
SMK adalah mereka pada usia remaja yang dalam masa perkembangan, baik fisik
maupun psikisnya. melalui proses pembelajaran agama Islam, diharapkan akan
membawa perkembangan yang baik untuk mencapai prestasi belajar. Implikasi
prestasi dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan siswa bukan
sekedar berprestasi pada nilai kognitif saja, tetapi diharapkan berhasil pada nilai
afektifnya untuk membina akhlak mulia. Permasalahan tersebut, peneliti sangat
tertarik ingin meneliti lebih lanjut tentang “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam pada kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Al Madani
Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021”. Adapun tujuan dalam penelitian adalah
untuk: 1) mengetahui perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di pada
kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Al Madani Pontianak Tahun
Pelajaran 2020/2021, 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam pada kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Al Madani
Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) mengetahui evaluasi pembelajaran
pendidikan agama Islam pada kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK
Al Madani Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif.
Pendekatakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber
data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam
kelas XI. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data,
display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi data, kecukupan referensi, mengadakan member chek.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Guru tidak lagi menyiapkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas,
namun lebih mengupayakan agar selama di rumah anak juga mendapatkan
rangsangan pendidikan yang optimal. Walaupun aktivitas pembelajaran ini
dilaksanakan di rumah guru juga perlu merancang rencana pelaksanaan
pembelajaran dengan baik agar anak tetap mendapatkan kegiatan yang
menyenangkan. 2) Guru pendidikan agama Islam seharusnya lebih mengaktifkan
siswa dalam proses pembelajaran melalui aplikasi zoom. 3) Guru senantiasa
mengevaluasi peserta didik dengan memotivasi agar mereka semangat untuk
mengikuti pelajaran online.