Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: pertama,
pelaksanaan program hafalan doa-doa pada siswi Madrasah Tsanawiyah
Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. kedua, kendala yang di hadapi
dalam kegiatan hafalan doa-doa pada siswi Madrasah Tsanawiyah Mujahidin
Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data
primer dan sekunder. Data primer yaitu waka kurikulum, pembimbing dan siswi
MTs Mujahidin Pontianak, sedangkan data sekunder adalah berupa berbagai
sumber buku, sumber arsip, dokumen pribadi dan dokumen resmi yang berkaitan
dengan pelaksanaan program hafalan doa-doa pada siswi MTs Mujahidin
Pontianak. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik
observasi non partisipam, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis
datanya, peneliti menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, display
data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaaan keabsahan data, peneliti
menggunakan dua tahap penelitian yaitu trigulasi data dan member check.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Pelaksanaan program hafalan doa-doa pada siswi MTs Mujahidin
Pontianak merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh siswi yang sedang
berhalangan atau haid, metode dalam menghafal doa-doa yaitu sesuai dengan
kebutuhan masing-masing siswi, materi program hafalan doa-doa dimulai dari doa
shalat, doa wudhu kemudian dilanjut dengan doa yang lainnya, evaluasi program
hafalan doa-doa dinilai berdasarkan kelancaran hafalan mereka dan diadakannya
pengulangan, waktu dan tempat program hafalan doa-doa ketika jam shalat
dzuhur dan tempat pelaksanaan kegiatan di masjid mujahidin. 2) Kendala program
hafalan doa-doa pada siswi MTs Mujahidin Pontianak yaitu waktu yang terbilang
sedikit untuk menghafal, kurangnya kesadaran pada diri siswi untuk disiplin,
fasilitas yang berkaitan dengan outlet materi yang jumlahnya sangat terbatas.