Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan
peran orang tua dalam pendidikan anak pada masyarakat Desa Manggala,
yang dianalisis berdasarkan peran orang tua studi pada keluarga di Desa
Manggala. secara khusus penelitian ini membahas empat hal yaitu 1) untuk
mengetahui apa saja peran orang tua dalam pendidikan anak, 2) untuk
mengetahui rangkaian pelaksanaan peran orang tua dalam pendidikan anak,
3) untuk mengetahui hambatan yang ada dalam pelaksanaan peran orang tua
dalam pendidikan anak, 4) untuk mengetahui cara orang tua mengatasi
hambatan dalam pelaksanaan peran dalam pendidikan anak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi
menggunakan alat catatan lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data atau display dan
verifikasi data (penarikan kesimpulan). Teknik pemeriksaan keabsahan data
yaitu dengan cara member chek dan triangulasi data, yang dipaparkan secara
sistematis, faktual dan apa adanya.
Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) peran orang tua terhadap anak
adalah pendidik, penanggung jawab, pengasuh, pembimbing, dan pengawas
perkembangan anak. 2) rangkaian pelaksanaan peran orang tua dengan cara
memberikan dorongan dan motivasi giat belajar untuk anak, membuat jadwal
belajar di rumah, melakukan peningkatan belajar pada anak dengan
memberikan kasih sayang kepada anak, memberikan suasana tenang pada
saat sedang belajar, memberikan pengarahan ketika anak sedang belajar,
membantu anak jika anak mengalami kesulitan belajar, dan mengawasi
kegiatan belajar anak. 3) hambatan dan kendala dalam pelaksanaan peran
orang tua penggunaan waktu kebersamaan antara orang tua dengan anak tidak
maksimal, pengetahuan orang tua dalam membantu perkembangan anak
masih rendah dan penerapan pola asuh orang tua serta penggunaan teknik
belajar oleh orang tua masih kurang. 4) mengatasi hambatan yang ada dengan
mencoba membagi waktu kerja, membuat jadwal belajar anak supaya anak
tetap ingat untuk belajar.