PELAKSANAAN PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Fitra Prisuna, Bayu
dc.contributor.author ULANDARI, TRI
dc.date.accessioned 2023-01-25T03:59:50Z
dc.date.available 2023-01-25T03:59:50Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2234
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan peran orang tua dalam pendidikan anak pada masyarakat Desa Manggala, yang dianalisis berdasarkan peran orang tua studi pada keluarga di Desa Manggala. secara khusus penelitian ini membahas empat hal yaitu 1) untuk mengetahui apa saja peran orang tua dalam pendidikan anak, 2) untuk mengetahui rangkaian pelaksanaan peran orang tua dalam pendidikan anak, 3) untuk mengetahui hambatan yang ada dalam pelaksanaan peran orang tua dalam pendidikan anak, 4) untuk mengetahui cara orang tua mengatasi hambatan dalam pelaksanaan peran dalam pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan alat catatan lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data atau display dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan cara member chek dan triangulasi data, yang dipaparkan secara sistematis, faktual dan apa adanya. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) peran orang tua terhadap anak adalah pendidik, penanggung jawab, pengasuh, pembimbing, dan pengawas perkembangan anak. 2) rangkaian pelaksanaan peran orang tua dengan cara memberikan dorongan dan motivasi giat belajar untuk anak, membuat jadwal belajar di rumah, melakukan peningkatan belajar pada anak dengan memberikan kasih sayang kepada anak, memberikan suasana tenang pada saat sedang belajar, memberikan pengarahan ketika anak sedang belajar, membantu anak jika anak mengalami kesulitan belajar, dan mengawasi kegiatan belajar anak. 3) hambatan dan kendala dalam pelaksanaan peran orang tua penggunaan waktu kebersamaan antara orang tua dengan anak tidak maksimal, pengetahuan orang tua dalam membantu perkembangan anak masih rendah dan penerapan pola asuh orang tua serta penggunaan teknik belajar oleh orang tua masih kurang. 4) mengatasi hambatan yang ada dengan mencoba membagi waktu kerja, membuat jadwal belajar anak supaya anak tetap ingat untuk belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Orang tua en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.title PELAKSANAAN PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK en_US
dc.title.alternative STUDI PADA KELUARGA PETANI KARET DI DESA MANGGALA KECAMATAN PINOH SELATAN KABUPATEN MELAWI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account