Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejalan dengan maraknya penyebaran
virus corona pada tahun 2020, Direktorat KSKK Madrasah membuat aplikasi
pembelajaran jarak jauh bernama E-Learning Madrasah yang kemudian dirilis
oleh Kemenag RI. Kemudian peneliti tertarik untuk mengetahui penggunaan E-
Learning Madrasah ini yang telah digunakan di MAN Insan Cendekia Sambas.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perencanaan
pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam kelas XI di MAN Insan Cendekia Sambas Tahun Ajaran
2020/2021. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah
pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN Insan Cendekia
Sambas Tahun Ajaran 2020/2021. 3) Evaluasi pembelajaran menggunakan E-
Learning Madrasah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di
MAN Insan Cendekia Sambas Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data
sekunder. Adapun sumber data primer berupa data yang diambil dari guru mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Kelas XI tahun ajaran 2020/2021. Sedangkan
sumber data sekunder berupa dokumen pendukung yang peneliti dapatkan di
MAN Insan Cendekia Sambas.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat didapat hasil
bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran SKI menggunakan E-Learning Madrasah
dilakukan dengan cara guru membuat RPP dan menyiapkan bahan ajar yang
kemudian diupload ke E-Learning Madrasah. 2) Pelaksanaan pembelajaran
menggunakan E-Learning Madrasah dilakukan dengan cara mengupload bahan
ajar di menu Bahan Ajar kemudian memberikan arahan kepada peserta didik
untuk mempelajari, membaca, atau menganalisis materi yang sudah guru sajikan.
Akan tetapi dalam pelaksanaannya terkadang didukung dengan aplikasi lain
seperti Google Meet atau Zoom Meeting. 3) Evaluasi yang dilakukan mencakup
tiga aspek, yang pertama penilaian kognitif. Penilaian kognitif dilakukan dengan
cara penugasan seperti resume, soal pilihan ganda, maupun uraian yang kemudian
dihimpun dalam menu Penilaian Pengetahuan di E-Learning Madrasah. Kedua,
Penilaian afektif dilakukan dengan cara melihat aktivitas peserta didik selama
pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah, seperti absen, respon peserta
didik, dan ketepatan waktu dalam pengumpulan tugas. Ketiga, Penilaian
psikomotor dilakukan dengan cara memberikan tugas membuat power point, dan
video presentasi yang kemudian dihimpun dalam menu Penilaian Keterampilan di
E-Learning Madrasah.