PENGGUNAAN E-LEARNING MADRASAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MAN INSAN CENDEKIA SAMBAS TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Rahnang
dc.contributor.author FITRAH, NAZILA
dc.date.accessioned 2023-01-25T03:55:35Z
dc.date.available 2023-01-25T03:55:35Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2233
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejalan dengan maraknya penyebaran virus corona pada tahun 2020, Direktorat KSKK Madrasah membuat aplikasi pembelajaran jarak jauh bernama E-Learning Madrasah yang kemudian dirilis oleh Kemenag RI. Kemudian peneliti tertarik untuk mengetahui penggunaan E- Learning Madrasah ini yang telah digunakan di MAN Insan Cendekia Sambas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN Insan Cendekia Sambas Tahun Ajaran 2020/2021. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN Insan Cendekia Sambas Tahun Ajaran 2020/2021. 3) Evaluasi pembelajaran menggunakan E- Learning Madrasah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN Insan Cendekia Sambas Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primer berupa data yang diambil dari guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Kelas XI tahun ajaran 2020/2021. Sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen pendukung yang peneliti dapatkan di MAN Insan Cendekia Sambas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat didapat hasil bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran SKI menggunakan E-Learning Madrasah dilakukan dengan cara guru membuat RPP dan menyiapkan bahan ajar yang kemudian diupload ke E-Learning Madrasah. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah dilakukan dengan cara mengupload bahan ajar di menu Bahan Ajar kemudian memberikan arahan kepada peserta didik untuk mempelajari, membaca, atau menganalisis materi yang sudah guru sajikan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terkadang didukung dengan aplikasi lain seperti Google Meet atau Zoom Meeting. 3) Evaluasi yang dilakukan mencakup tiga aspek, yang pertama penilaian kognitif. Penilaian kognitif dilakukan dengan cara penugasan seperti resume, soal pilihan ganda, maupun uraian yang kemudian dihimpun dalam menu Penilaian Pengetahuan di E-Learning Madrasah. Kedua, Penilaian afektif dilakukan dengan cara melihat aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah, seperti absen, respon peserta didik, dan ketepatan waktu dalam pengumpulan tugas. Ketiga, Penilaian psikomotor dilakukan dengan cara memberikan tugas membuat power point, dan video presentasi yang kemudian dihimpun dalam menu Penilaian Keterampilan di E-Learning Madrasah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject E-Learning Madrasah en_US
dc.subject Perecanaan en_US
dc.subject Pelaksanaan en_US
dc.subject Evaluasi en_US
dc.title PENGGUNAAN E-LEARNING MADRASAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MAN INSAN CENDEKIA SAMBAS TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account