Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persiapan mengajar membaca
Al-Qur’an bagi anak-anak di TPA Darul Falah Pontianak.: (2) Bagaimana
pelaksanaan mengajar membaca Al-Qur’an bagi anak-anak di TPA Darul Falah
Pontianak.: (3) Bagaimana evaluasi mengajar membaca Al-qur’an di TPA Darul
Falah Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini:
Sumber Data Primer adalah data utama yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti
langsung dari tempat objek penelitian. Adapun sumber data yang digunakan
dalam penelitian ini sebagai berikut: Sumber data primer adalah Ustadz atau
Ustadzah, Sumber data sekunder adalah data yang diperoleh peneliti secara tidak
langsung dari media perantara (Pihak lain) yang berupa Santri dan Santriwati
dan dokumen-dokumen perencanaan program mengajar membaca Al-Qur’an di
TPA Darul Falah Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah teknik komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara, dan teknik
dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis model
interaktif.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Persiapan mengajar membaca
Al-Qur’an di TPA Darul Falah yaitu perencanaan secara tertulis, melihat situasi dan
kondisi ruang belajar dan metode belajar membaca Al-Qur’an di TPA Darul Falah
Pontianak.; 2) Pelaksanaan mengajar membaca Al-Qur’an di TPA Darul Falah yaitu
guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama santri, pembelajaran
mengenai adab membaca Al-Qur’an, belajar secara klasikal yaitu strategi untuk
mengajarkan membaca dan menyimak bacaan Al-Qur’an kepada santri, guru
menutup pembelajaran dengan berdoa dan memberikan motivasi kepada santri
tentang semangat dalam membaca Al-Qur’an.; 3)Evaluasi mengajar membaca Al-
Qur’an di TPA Darul Falah Pontianak yaitu santri mengulangi bacaan Al-Qur’an
yang sudah di baca santri sebelumnya, guru memberikan tes lisan dan tertulis dalam
pembelajaran membaca Al-Qur’an untuk naik tingkat dan santri memahami dan
menguasai teori yang melandasi suatu bacaan Al-Qur’an.