PENGAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DARUL FALAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Arifudin
dc.contributor.author Septianingsih, Nabilah
dc.date.accessioned 2023-01-25T03:37:52Z
dc.date.available 2023-01-25T03:37:52Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2231
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persiapan mengajar membaca Al-Qur’an bagi anak-anak di TPA Darul Falah Pontianak.: (2) Bagaimana pelaksanaan mengajar membaca Al-Qur’an bagi anak-anak di TPA Darul Falah Pontianak.: (3) Bagaimana evaluasi mengajar membaca Al-qur’an di TPA Darul Falah Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini: Sumber Data Primer adalah data utama yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti langsung dari tempat objek penelitian. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut: Sumber data primer adalah Ustadz atau Ustadzah, Sumber data sekunder adalah data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung dari media perantara (Pihak lain) yang berupa Santri dan Santriwati dan dokumen-dokumen perencanaan program mengajar membaca Al-Qur’an di TPA Darul Falah Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Persiapan mengajar membaca Al-Qur’an di TPA Darul Falah yaitu perencanaan secara tertulis, melihat situasi dan kondisi ruang belajar dan metode belajar membaca Al-Qur’an di TPA Darul Falah Pontianak.; 2) Pelaksanaan mengajar membaca Al-Qur’an di TPA Darul Falah yaitu guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama santri, pembelajaran mengenai adab membaca Al-Qur’an, belajar secara klasikal yaitu strategi untuk mengajarkan membaca dan menyimak bacaan Al-Qur’an kepada santri, guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan memberikan motivasi kepada santri tentang semangat dalam membaca Al-Qur’an.; 3)Evaluasi mengajar membaca Al- Qur’an di TPA Darul Falah Pontianak yaitu santri mengulangi bacaan Al-Qur’an yang sudah di baca santri sebelumnya, guru memberikan tes lisan dan tertulis dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an untuk naik tingkat dan santri memahami dan menguasai teori yang melandasi suatu bacaan Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengajar en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject TPA Darul Falah Pontianak en_US
dc.title PENGAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DARUL FALAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account