Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena yang terjadi di
lembaga pondok al-adabiy tentang perencanaan serta pelaksanaan manajemen
mutu pendidikan Islam namun kenyataannya masih banyak manajemen mutu
pendidikan yang belum terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan. 1) Bagaimana perencanaan mutu pendidikan Islam di Pondok Al
Adabiy Pontianak. 2) Bagaimana Pelaksanaan mutu pendidikan Islam di Pondok Al
Adabiy Pontianak.
Untuk mencapai tujuan penelitian ini digunakan metode deskrisif dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data utama ketua pondok al-adabiy, beserta tiga
santri. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasidan
dokumentasi. Proses kerjanya mengumpulkan data, reduksi data, display data,
verifikasi dan penarikan kesimpulan yang disusun secara sistematis, faktual dan
aktual.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Dalam
membuat perencanaan mutu pendidikan Islam di Lembaga panti asuhan al adabiy
melakukan perencanaan dengan cara membuat visi dan misi, menyediakan sarana
dan prasana, meningkatkan kualitas tenaga kependidikan serta mengedepankan
kecerdasan dan akhlak anak-anak panti asuhan al-adabiy agar mendapatkan hasil
lulusan yang bermutu. 2) Pelaksanaan manajemen mutu pendidikan islam di
kelola oleh kepala sekolah yang profesional, guru yang profesional, lingkungan
belajar siswa yang kondusif dan asrama sebagai tempat tinggal siswa.