Abstract:
Latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan bahwa pendidikan
madrasah saat ini tengah menghadapi masalah-masalah globalisasi yang tidak
hanya mengembangkan ilmu umum maupun ilmu agama namun juga pendidikan
harus memperhatikan potensi kreativitas peserta didik. Hal yang sering terjadi
dalam dunia pendidikan, siswa sulit mendapatkan kesempatan mengembangankan
skill peserta didik, disebabkan padatnya mata pelajaran dalam kelas. MTs Bustanul
Ulum mempunyai tujuan tersendiri dalam memperhatikan potensi peserata didik
dengan pelaksanaan haflatul imtihan melalui kegiatan yang dilaksanakan seperti
proses konsep perencanaan, proses pembuatan panggung dan latihan sinopsis, serta
pada pelaksanaannya sehingga siswa dapat mengembangkan kreativiasnya melalui
pelatihan proyek yang diberikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Upaya kreativitas yang
dilakukan siswa pada pelaksanaan haflatul imtihan, 2) faktor pendukung dan
penghambat upaya kreativitas siswa pada pelaksanaan haflatul imtihan.
Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah
Bustanul Ulum Kecamatan Sungai Ambawang. Kabupaten Kubura Raya Tahun
2022. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan fokus penelitian, peneliti
memilih teknik wawancara, diperkuat dengan observasi dan dokumentasi. Untuk
teknik analisis data peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu pengumpulan data,
reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik teknik keabsahan data
yang digunakan adaldah uji kredibilitas, uji trnsferabilitas, uji dependabilitas, dan
uji konfirmabilitas.
Dari hasil paparan dan analisis data, peneliti dapat menyimpulkan bahwa
upaya kreativitas siswa pada pelaksanaan haflatul imtihan terlihat cukup efektif
dalam hal perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dari tiga kegiatan ini siswa dapat
memupuk pribadi meliputi kelancaran, keluwesan, keaslian, kerincian. Faktor
pendukung ditandai dengan keterampilan dan minat siswa dalam melaksanakan
tugas, sedangkan faktor penghambat kegiatan yaitu perlu pengembangan sarana
prasarana serta terbatasnya guru dan siswa yang memiliki keterampilan.
Keberhasilan kreativitas haflatul imtihan siswa mampu melakukan tugas yang
diberikan dan melaksanakannya penuh dengan tampilan yang kreatif baik dari
panggung maupun tampilan sinopsis pada pelaksanaan haflatul imtihan.