UPAYA KREATIVITAS SISWA PADA PELAKSANAAN HAFLATUL IMTIHAN MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf
dc.contributor.advisor Fitra Prisuna, Bayu
dc.contributor.author LUTFI
dc.date.accessioned 2023-01-25T02:47:01Z
dc.date.available 2023-01-25T02:47:01Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2226
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan bahwa pendidikan madrasah saat ini tengah menghadapi masalah-masalah globalisasi yang tidak hanya mengembangkan ilmu umum maupun ilmu agama namun juga pendidikan harus memperhatikan potensi kreativitas peserta didik. Hal yang sering terjadi dalam dunia pendidikan, siswa sulit mendapatkan kesempatan mengembangankan skill peserta didik, disebabkan padatnya mata pelajaran dalam kelas. MTs Bustanul Ulum mempunyai tujuan tersendiri dalam memperhatikan potensi peserata didik dengan pelaksanaan haflatul imtihan melalui kegiatan yang dilaksanakan seperti proses konsep perencanaan, proses pembuatan panggung dan latihan sinopsis, serta pada pelaksanaannya sehingga siswa dapat mengembangkan kreativiasnya melalui pelatihan proyek yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Upaya kreativitas yang dilakukan siswa pada pelaksanaan haflatul imtihan, 2) faktor pendukung dan penghambat upaya kreativitas siswa pada pelaksanaan haflatul imtihan. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Kecamatan Sungai Ambawang. Kabupaten Kubura Raya Tahun 2022. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan fokus penelitian, peneliti memilih teknik wawancara, diperkuat dengan observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik teknik keabsahan data yang digunakan adaldah uji kredibilitas, uji trnsferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Dari hasil paparan dan analisis data, peneliti dapat menyimpulkan bahwa upaya kreativitas siswa pada pelaksanaan haflatul imtihan terlihat cukup efektif dalam hal perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dari tiga kegiatan ini siswa dapat memupuk pribadi meliputi kelancaran, keluwesan, keaslian, kerincian. Faktor pendukung ditandai dengan keterampilan dan minat siswa dalam melaksanakan tugas, sedangkan faktor penghambat kegiatan yaitu perlu pengembangan sarana prasarana serta terbatasnya guru dan siswa yang memiliki keterampilan. Keberhasilan kreativitas haflatul imtihan siswa mampu melakukan tugas yang diberikan dan melaksanakannya penuh dengan tampilan yang kreatif baik dari panggung maupun tampilan sinopsis pada pelaksanaan haflatul imtihan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.subject Haflatul Imtihan en_US
dc.title UPAYA KREATIVITAS SISWA PADA PELAKSANAAN HAFLATUL IMTIHAN MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account