Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi karena umumnya TPQ itu hanya
mengajarkan satu metode namun di TPQ Dzatir Rahmah ini langsung mengajarkan
empat metode sekaligus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
mengenai: Pertama, materi yang diajarkan dalam membaca Qur’an di TPQ
Dzatir Rahmah. Kedua, metode mengajar Qur’an di TPQ Dzatir Rahmah. Ketiga,
hambatan dalam mengajarkan Qur’an di TPQ Dzatir Rahmah.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di TPQ Dzatir Rahmah dengan sumber data
primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpulan
datanya adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan HP.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Materi yang
diajarkan dalam membaca Qur’an di TPQ Dzatir Rahmah adalah mengenal huruf
Hijaiyah, makharijul huruf, sifatul huruf, mengenal tanda baca (harakat) dan
Tajwid. 2) Metode yang diajarkan dalam membaca Qur’an di TPQ ini adalah
metode Iqra, Tilawati, Tartil dan Qiraatus Sabaah. 3) Hambatan dalam mengajarkan
Qur’an di TPQ ini adalah dari segi eksternal berupa jarak rumah santri dengan
tempat belajar cukup jauh, keadaan jalan menuju tempat belajar cukup rusak
dan kurangnya tenaga pengajar. Hambatan internal dari santri bisa dilihat dari
usianya belum matang, kemampuan santri yang berbeda-beda dalam belajar Al-
Qur’an dan kemauan santri dalam menjalani pembelajaran Al-Qur’an tersebut.