Abstract:
Alasan penerapan program pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama
pada jam pertama pembelajaran siswa kelas IV disebabkan oleh banyak sekali
peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar,
kalaupun ada dalam skala yang cukup kecil. Oleh karena hal itulah sekolah
membuat kebijakan dengan menerapkan program pembiasaan membaca Al-Qur’an
untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Oleh
karena itu, untuk mengetahui peran penting dari program pembiasaan dalam
membaca Al-Qur’an yang dilakukan sejak dini dan menuangkannya dalam bentuk
skripsi yang berjudul “Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Secara Bersama
Pada Jam Pertama Pembelajaran Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2
Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu
wakil kepala bidang kurikulum, wali kelas IV A, peserta didik, kepala sekolah, dan
dokumen perencanaan program pembiasaan. Teknik pengumpulan datanya yaitu
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi, dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1. Tujuan dari program
pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada jam pertama pembelajaran
siswa yaitu a. Agar anak-anak menjadi terbiasa dalam membaca Al-Qur'an tidak
hanya di sekolah namun dilakukan juga di rumah. b. Agar kemampuan membaca
Al-Qur'an siswa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya belum lancar menjadi
lancar makhrijul hurufnya dan lebih baik panjang pendeknya. c. Agar anak-anak
merasa tenang pada saat akan memulai proses pembelajaran. 2. Proses program
pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada jam pertama pembelajaran
siswa yaitu: Program
pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama
dilaksanakan secara berulang-ulang di setiap hari. 3. Hambatan dari program
pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada jam pertama pembelajaran
siswa yaitu: a. Siswa bosan untuk membaca Al-Qur’an. b. Wali kelas tidak bisa
melihat kemampuan siswanya secara individu. 4. Cara guru mengatasi hambatan
yang muncul dari program pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada
jam pertama pembelajaran siswa yaitu: a. Memberikan pengawasan sepenuhnya
kepada siswa nya b. Memberikan motivasi kepada siswa nya.