PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN SECARA BERSAMA PADA JAM PERTAMA PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.advisor Surianto
dc.contributor.author HANIMA
dc.date.accessioned 2023-01-25T01:52:55Z
dc.date.available 2023-01-25T01:52:55Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2221
dc.description.abstract Alasan penerapan program pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada jam pertama pembelajaran siswa kelas IV disebabkan oleh banyak sekali peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, kalaupun ada dalam skala yang cukup kecil. Oleh karena hal itulah sekolah membuat kebijakan dengan menerapkan program pembiasaan membaca Al-Qur’an untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Oleh karena itu, untuk mengetahui peran penting dari program pembiasaan dalam membaca Al-Qur’an yang dilakukan sejak dini dan menuangkannya dalam bentuk skripsi yang berjudul “Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Secara Bersama Pada Jam Pertama Pembelajaran Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu wakil kepala bidang kurikulum, wali kelas IV A, peserta didik, kepala sekolah, dan dokumen perencanaan program pembiasaan. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1. Tujuan dari program pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada jam pertama pembelajaran siswa yaitu a. Agar anak-anak menjadi terbiasa dalam membaca Al-Qur'an tidak hanya di sekolah namun dilakukan juga di rumah. b. Agar kemampuan membaca Al-Qur'an siswa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya belum lancar menjadi lancar makhrijul hurufnya dan lebih baik panjang pendeknya. c. Agar anak-anak merasa tenang pada saat akan memulai proses pembelajaran. 2. Proses program pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada jam pertama pembelajaran siswa yaitu: Program pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama dilaksanakan secara berulang-ulang di setiap hari. 3. Hambatan dari program pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada jam pertama pembelajaran siswa yaitu: a. Siswa bosan untuk membaca Al-Qur’an. b. Wali kelas tidak bisa melihat kemampuan siswanya secara individu. 4. Cara guru mengatasi hambatan yang muncul dari program pembiasaan membaca Al-Qur’an secara bersama pada jam pertama pembelajaran siswa yaitu: a. Memberikan pengawasan sepenuhnya kepada siswa nya b. Memberikan motivasi kepada siswa nya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembiasaan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN SECARA BERSAMA PADA JAM PERTAMA PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account