Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) nilai-
nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Bidadari-Bidadari
Surga karya Tere Liye 2) relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang
terkandung dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye
sebagai sumber belajar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Berdasarkan tempat penelitiannya dapat digolongkan menjadi
penelitian kepustakaan atau library research. Sumber penelitian ini
terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber
primer adalah novel Bidadari-Bidadari Surga; 2) Sumber sekunder
berupa skripsi, sumber pustaka, serta internet. Teknik yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah teknik dokumentasi. Analisis data
melalui teknik analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Terdapat delapan belas nilai-nilai pendidikan
Islam dalam novel Bidadari-Bidadari Surga 2) relevansi nilai-nilai
pendidikan Islam dalam novel Bidadari-Bidadari Surga sebagai sumber
belajar yaitu novel Bidadari-Bidadari Surga tidak hanya sebagai bahan
bacaan untuk hiburan tetapi dapat diambil pelajaran mengenai nilai-
nilai keislaman juga, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar.