Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perencanaan
supervisi akademik kepala madrasah; 2) pelaksanaan supervisi akademik
kepala madrasah; 3) evaluasi supervisi akademik kepala madrasah; 4) faktor-
faktor yang menghambat supervisi akademik kepala madrasah serta
solusinya.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif berjenis deskriptif.
Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data
sekunder, yaitu: 1) sumber data primer adalah kepala madrasah MTsN 2
Pontianak dan guru; 2) sumber data sekunder adalah buku, skripsi, jurnal
yang berhubungan dengan manajemen supervisi akademik kepala madrasah
dan dokumen yang berkaitan dengan supervisi akademik di MTsN 2
Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk
menjamin validitas data yang dikumpulkan, dilakukan pemeriksaan
keabsahan data dengan triangulasi dan member check.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini maka dapat
disimpulkan bahwa: 1) perencanaan supervisi akademik kepala madrasah di
MTs Negeri 2 Pontianak dilakukan dengan rapat bersama tim pengembang
kurikulum, membuat tujuan supervisi akademik, membuat instrumen
penilaian, menghimbau guru untuk memperiapkan diri dan perangkat
pembelajaran, menginformasikan guru terkait waktu pelaksanaan supervisi
akademik. 2) pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di MTs
Negeri 2 Pontianak dilaksanakan menggunakan teknik individual dengan
metode observasi kelas, memberikan arahan, serta mengamati guru dan
teknik kelompok dengan metode rapat guru, dan memberikan seminar jika
diperlukan. 3) evaluasi supervisi akademik kepala madrasah di MTs Negeri 2
Pontianak dilakukan dengan cara penilaian, perbandingan, dan tindak lanjut.
4) faktor-faktor yang menghambat supervisi akademik di MTs Negeri 2
Pontianak karena guru kurang memiliki inovasi dan kurang kreatif dalam
membuat media pembelajaran.