MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DI MTS NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author AUDELIA PUTRI, TIARA
dc.date.accessioned 2023-01-24T02:14:05Z
dc.date.available 2023-01-24T02:14:05Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2216
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perencanaan supervisi akademik kepala madrasah; 2) pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah; 3) evaluasi supervisi akademik kepala madrasah; 4) faktor- faktor yang menghambat supervisi akademik kepala madrasah serta solusinya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif berjenis deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, yaitu: 1) sumber data primer adalah kepala madrasah MTsN 2 Pontianak dan guru; 2) sumber data sekunder adalah buku, skripsi, jurnal yang berhubungan dengan manajemen supervisi akademik kepala madrasah dan dokumen yang berkaitan dengan supervisi akademik di MTsN 2 Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data yang dikumpulkan, dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan supervisi akademik kepala madrasah di MTs Negeri 2 Pontianak dilakukan dengan rapat bersama tim pengembang kurikulum, membuat tujuan supervisi akademik, membuat instrumen penilaian, menghimbau guru untuk memperiapkan diri dan perangkat pembelajaran, menginformasikan guru terkait waktu pelaksanaan supervisi akademik. 2) pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di MTs Negeri 2 Pontianak dilaksanakan menggunakan teknik individual dengan metode observasi kelas, memberikan arahan, serta mengamati guru dan teknik kelompok dengan metode rapat guru, dan memberikan seminar jika diperlukan. 3) evaluasi supervisi akademik kepala madrasah di MTs Negeri 2 Pontianak dilakukan dengan cara penilaian, perbandingan, dan tindak lanjut. 4) faktor-faktor yang menghambat supervisi akademik di MTs Negeri 2 Pontianak karena guru kurang memiliki inovasi dan kurang kreatif dalam membuat media pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject manajemen en_US
dc.subject supervisi akademik en_US
dc.subject kepala madrasah en_US
dc.title MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DI MTS NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account