Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan
manajemen kelas guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan proses belajar
mengajar di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak
Tahun Ajaran 2022/2023 2) Untuk mengetahui pengorganisasian
manajemen kelas guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan proses belajar
mengajar di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak
Tahun Ajaran 2022/2023 3) Untuk mengetahui kepemimpinan manajemen
kelas guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di
kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak Tahun Ajaran
2022/2023 4) Untuk mengetahui pengendalian manajemen kelas guru
Akidah Akhlak dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas VI
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak Tahun Ajaran
2022/2023.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber penelitian yang digunakan yaitu
sumber primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pada perencanaan manajemen kelas
yang dilakukan oleh guru akidah akhlak pada saat proses belajar mengajar
meliputi perumusan tujuan yang ingin dicapai didalam kelas, penetapan
aturan didalam kelas, memberikan tanggung jawab secara individu kepada
peserta didik dan memperhatikan berbagai aktivitas didalam kelas. 2) Pada
pengorganisasian meliputi penentuan sumber daya didalam kelas,
merancang dan menembangkan kelompok belajar, menugaskan peserta
didik dalam suatu tanggung jawab. 3) Pada kepemimpinan manajemen kelas
yang dilakukan pada saat proses belajar mengajar meliputi jiwa
kepemimpinan, mengarahkan serta memotivasi, dan membimbing peserta
didik dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang baik. 4) Pada
pengendalian manajemen kelas yang dilakukan oleh guru akidah akhlak
pada saat proses belajar mengajar meliputi pengevaluasian pelaksanaan
kegiatan, serta melaporkan penyimpangan.