Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengunggapkan: (1) upaya guru dalam
meningkatkan mutu pembelajaran fiqih pada kegiatan awal kelas XI di MAS
Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) upaya guru dalam
meningkatkan mutu pembelajaran fiqih pada kegiatan inti kelas XI di MAS
Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) upaya guru dalam
meningkatkan mutu pembelajaran fiqih pada kegiatan akhir kelas XI di MAS
Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat
menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan
data deskriptif berupa kata-kata tulisan/lisan dari orang yang dapat diamati dan
data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian
dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan
pengamatan dan trianggulasi. Trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah trianggulasi teknik.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: Dalam kegiatan awal yang dilakukan oleh guru,
i
guru telahmelaksanakannya dengan baik. Guru menambahkan ice breaking dalam motivasi,
untuk menarik perhatian dari peserta didik supaya bisa lebih produktif ketika
sedang melaksanakan proses pembelajaran. Dalam kegiatan inti yang dilakukan
oleh guru, guru juga sudah melaksanakannya dengan baik, hal ini diliat dari hasil
observasi secara langsung dilakukan oleh peneliti. Peneliti menemukan guru
membuat kegiatan belajar menjadi lebih aktif dan produktif. Dalam kegiatan akhir
yang dilakukan oleh guru, guru juga telah melaksanakannya dengan dengan baik.
Hal itu dikarenakan dalam kegiatan akhir guru memberikan rangkuman atau
kesimpulan, serta memberikan tugas yang berfisat pendalaman.