UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA MUJAHIDIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Misdah
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Wahyu Ashari, Rani
dc.date.accessioned 2023-01-24T01:33:26Z
dc.date.available 2023-01-24T01:33:26Z
dc.date.issued 2020-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2212
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengunggapkan: (1) upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih pada kegiatan awal kelas XI di MAS Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih pada kegiatan inti kelas XI di MAS Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih pada kegiatan akhir kelas XI di MAS Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tulisan/lisan dari orang yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi teknik. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: Dalam kegiatan awal yang dilakukan oleh guru, i guru telahmelaksanakannya dengan baik. Guru menambahkan ice breaking dalam motivasi, untuk menarik perhatian dari peserta didik supaya bisa lebih produktif ketika sedang melaksanakan proses pembelajaran. Dalam kegiatan inti yang dilakukan oleh guru, guru juga sudah melaksanakannya dengan baik, hal ini diliat dari hasil observasi secara langsung dilakukan oleh peneliti. Peneliti menemukan guru membuat kegiatan belajar menjadi lebih aktif dan produktif. Dalam kegiatan akhir yang dilakukan oleh guru, guru juga telah melaksanakannya dengan dengan baik. Hal itu dikarenakan dalam kegiatan akhir guru memberikan rangkuman atau kesimpulan, serta memberikan tugas yang berfisat pendalaman. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Mutu pembelajaran en_US
dc.subject Langkah-langkah pembelajaran en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA MUJAHIDIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account