Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan kelas yang dilaksanakan
tidak berjalan secara efektif dan efisien dan tujuan pembelajarannya tidak
maksimal. Pada proses belajar, guru masih belum berupaya dalam melaksanakan
kegiataan belajar mengajar yang tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan
pembelajaran. Adapun fokus masalah dalam Penelitian ini: 1). Bagaimana Upaya
Guru dalam Mengelola kelas pada Pelajaran Al-Qur’an Hadist (studi
pembelajaran di SMA Absussalam Sungai Ambawang Tahun pelajaran 2020
/2021). 2). Bagaimana Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Pelajaran
Al-Qur’an Hadist (Studi pembelajaran di SMA Absussalam Sungai Ambawang
Tahun pelajaran 2020 /2021) 3). Bagaimana Kualitas Pengelolaan Kelas pada
Pelajaran Al-Qur’an Hadist (studi pembelajaran di SMA Abdussalam Sungai
Ambawang Tahun pelajaran 2020 /2021).
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam untuk
memperoleh informasi mengenai data yang diteliti, peneliti menggunakan analisis
data model deskriptif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian (display) data, dan
verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Upaya Guru dalam Mengelola kelas pada Pelajaran Al-Qur’an Hadist
di dalam pembelajaran sangatlah penting untuk proses pengajaran, karena guru
sangat dibutuhkan untuk membimbing, mengarahkan, dan memberikan suatu yang
berguna bagi perserta didik. Dengan melakukan beberapa hal yang sekiranya
menghasilkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggelola suatu
pembelajarannya seperti menggikuti suatu kegiatan MGMP, sehingga
pembelajaran berjalan dengan baik.2) Seorang guru juga harus dapat memberikan
keterampilan mengajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Dengan suasana
yang berbeda dalam suatu pembelajaran di kelas, dapat membantu peserta didik
untuk termotivasi semangat dalam mengikuti pelajaran. penyampaian materi
pelajaran sehingga siswa bisa memahami pelajaran yang dilaksanakan.3)
Pengelolaan kelas pada pelajaran Al-Qur’an Hadist pembelajaran dikatakan
berhasil apabila terjadi perubahan yang positif pada diri peserta didik Untuk
menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik seorang pendidik harus bisa
mengelola kelas yang baik dengan metode yang sesuai sehingga menghasilkan
pembelajaran yang sesuai dengan yang telah direncanakan dalam RPP (Rencana
pelaksanaan pembelajaran). Untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik
dianjurkan untuk seorang pendidik menjalankan evaluasi yang baik dengan
metode yang sesuai.