KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS PADA PELAJARAN AL-QURAN HADIST

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mi’an, Firdaus
dc.contributor.advisor Budiyono
dc.contributor.author KUTUSSOPIA, QORI
dc.date.accessioned 2023-01-20T09:26:49Z
dc.date.available 2023-01-20T09:26:49Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2189
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan kelas yang dilaksanakan tidak berjalan secara efektif dan efisien dan tujuan pembelajarannya tidak maksimal. Pada proses belajar, guru masih belum berupaya dalam melaksanakan kegiataan belajar mengajar yang tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Adapun fokus masalah dalam Penelitian ini: 1). Bagaimana Upaya Guru dalam Mengelola kelas pada Pelajaran Al-Qur’an Hadist (studi pembelajaran di SMA Absussalam Sungai Ambawang Tahun pelajaran 2020 /2021). 2). Bagaimana Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Pelajaran Al-Qur’an Hadist (Studi pembelajaran di SMA Absussalam Sungai Ambawang Tahun pelajaran 2020 /2021) 3). Bagaimana Kualitas Pengelolaan Kelas pada Pelajaran Al-Qur’an Hadist (studi pembelajaran di SMA Abdussalam Sungai Ambawang Tahun pelajaran 2020 /2021). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam untuk memperoleh informasi mengenai data yang diteliti, peneliti menggunakan analisis data model deskriptif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian (display) data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Upaya Guru dalam Mengelola kelas pada Pelajaran Al-Qur’an Hadist di dalam pembelajaran sangatlah penting untuk proses pengajaran, karena guru sangat dibutuhkan untuk membimbing, mengarahkan, dan memberikan suatu yang berguna bagi perserta didik. Dengan melakukan beberapa hal yang sekiranya menghasilkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggelola suatu pembelajarannya seperti menggikuti suatu kegiatan MGMP, sehingga pembelajaran berjalan dengan baik.2) Seorang guru juga harus dapat memberikan keterampilan mengajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Dengan suasana yang berbeda dalam suatu pembelajaran di kelas, dapat membantu peserta didik untuk termotivasi semangat dalam mengikuti pelajaran. penyampaian materi pelajaran sehingga siswa bisa memahami pelajaran yang dilaksanakan.3) Pengelolaan kelas pada pelajaran Al-Qur’an Hadist pembelajaran dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan yang positif pada diri peserta didik Untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik seorang pendidik harus bisa mengelola kelas yang baik dengan metode yang sesuai sehingga menghasilkan pembelajaran yang sesuai dengan yang telah direncanakan dalam RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran). Untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik dianjurkan untuk seorang pendidik menjalankan evaluasi yang baik dengan metode yang sesuai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan en_US
dc.subject Pengelolaan kelas en_US
dc.subject dalam pembelajaran en_US
dc.title KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS PADA PELAJARAN AL-QURAN HADIST en_US
dc.title.alternative STUDI PEMBELAJARAN DI SMA ABDUSSALAM SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account