Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konsep
pendidikan akhlak di dalam kitab “Tarbiyatus Shibyan” karya KH.
Muhammad Habibullah yang merupakan salah satu kitab fenomenal di
berbagai kalangan. Yakni dipesantren dan lembaga-lembaga pendidikan
lainnya.
Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menjawab permasalahan
tentang bagaimana konsep pendidikan akhlak pada aspek menuntut Ilmu.
Bagaimana konsep pendidikan akhlak terhadap orang tua. Dan bagaimana
konsep pendidikan akhlak pada aspek pergaulan dengan Allah atau sesama
makhluk. Penelitian ini merupakan jenis pelitian yang bersifat kajian pustaka
(library research). Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan berupa metode
dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan
analisis data. Yakni dengan metode konten analisis menggunakan buku-buku
lain untuk membahas papran data.
Adapun hasil dalam penilitian ini menunjukkan bahwa konsep
pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab “Bidayatul Hidayah”
pertama, secara garis besar membahas konsep pendidikan akhlak pada aspek
menuntut ilmu, pendidikan akhlak terhadap kedua orang tua, dan pendidikan
akhlak pada aspek pergaulan terhadap Allah dan sesama Makhluk. Kedua,
konsep pendidikan akhlak pada aspek menuntut ilmu termanifestasi dengan
cara memiliki niat yang baik dalam menuntut ilmu, menghormati guru,
Memuliakan guru, keluarga, dan benda-benda milik guru, Merawat dan
memuliakan bukunya dengan baik. Ketiga, konsep pendidikan akhlak
terhadap orang tua termanifestasi dengan cara Menghormati dan mencintai
kedua orang tua. Keempat, konsep pendidikan akhlak kepada Allah
termanifestasi dalam bentuk Takwa, yaitu patuh dalam melaksanakan segala
perintah Allah SWT.