Abstract:
Pembelajaran Fiqih melalui kitab Sullam Taufiq ini merupakan salah satu
faktor pengembangan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Mujtahid sesuai
dengan syariat Islam yang ada. Karena pembelajaran Fiqih melalui kitab Sullam
Taufiq ini selain membahas urusan dunia juga membahas urusan akhirat, kitab
Sullam Taufiq sebagai trilogi keilmuan yaitu Fiqih, Tasawuf, dan Tauhid.
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana
pembelajaran Fiqih melalui kitab Sulam Taufiq di Pondok Pesantren Al-Mujtahid.
Pertanyaan yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah
proses pelaksanaan pembelajaran Fiqih melalui kitab Sullam Taufiq di Pondok
Pesantren Al-Mujtahid?, (2) Bagaimakah pelaksanaan metode pembelajaran Fiqih
melalui kitab Sullam Taufiq di Pondok Pesantren Al-Mujtahid?, (3)
Bagaimanakah pelaksanaan penilaian pembelajaran Fiqih melalui kitab Sullam
Taufiq di Pondok Pesantren Al-Mujtahid.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif-kualitatif dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data dari sumber data
primer maupun sekunder.
Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah: (1) Proses
Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih melalui kitab Kitab Sullam Taufiq di Pondok
Pesantren Al-Mujtahid dengan sorogan dan bandongan, (2) Pelaksanaan Metode
Pembelajaran Fiqih melalui Kitab Sullam Taufiq di Pondok Pesantren Al-
Mujtahid sesuai dengan metode warisan turun temurun dari para ulama’ salaf
yaitu: klasikal, sorogan, ceramah, tanya jawab, penugasan, dan drill, (3)
Pelaksanaan Penilaian dalam Pembelajaran Fiqih melalui Kitab Sullam Taufiq di
Pondok Pesantren Al-Mujtahid dengan Penilaian Proses dan Hasil.