Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan survey awal yang menemukan
ketidakdisiplinan siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak ketika
mengikuti muhadharah yang memunculkan pertanyaan penelitian berikut ini.
Pertama, dipertanyakan kedisiplinan waktu datang dan pulang kegiatan. Kedua,
dipertanyakan kedisiplinan berpakaian dan atribut berpakaian pada saat kegiatan.
Ketiga, dipertanyakan kedisiplinan mengerjakan tugas-tugas selama kegiatan
berlangsung. Keempat, dipertanyakan kedisiplinan mematuhi perintah guru
pembina kegiatan.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuntitatif dengan jenis survey.
Sumber data terdiri 4 pembina muhadharah. Dengan populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswi kelas VII dan VIII tahun 2019/2020 dengan jumlah
keseluruhan 264, Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random
sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampelnya adalah
159 siswi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner, wawancara, dan dokumen. Kemudian data diolah dengan analisis data
kuantitatif deskriptif dengan menggunakan persentase pada skala sikap guttman.
Penelitian ini menyimpulkan hal-hal berikut. Pertama, menjawab
pertanyaan tentang kedisplinan menghadiri menunjukan respon guru berada pada
50% disiplin datang dan siswi 62%, sedangkan disiplin pulang diperoleh respon
guru 100% displin dan siswi 86%. Kedua, kedisplinan berpakaian dan atribut
respon guru berada pada 100% disiplin dan siswi 100%, sedangkan displin atribut
sepatu hitam respon guru berada pada 50% kurang disiplin dan siswi 93%, atribut
kaos kaki putih polos respon guru 100% disiplin dan siswi 86%, kerundung
berlogo madrasah respon guru 100% disiplin dan siswi 83%. Ketiga, tugas
kelompok individu respon guru 100% dan siswi 81%, mengerjakan tugas terdiri
dari dua orang respon guru berada pada 75% disiplin dan siswi 89%, mengerjakan
tugas dalam satu kelompok lebih dari dua orang respon guru berada pada 100%
disiplin dan siswi 96%, mengerjakan tugas dikelas respon guru berada pada 100%
disiplin dan siswi 90%, mengerjakan tugas dirumah respon guru berada pada
100% disiplin dan siswi 74%, memperhatikan materi kegiatan muhadharah respon
guru berada pada 50% kurang disiplin dan siswi 77%, memperhatikan format
respon guru berada pada 50% kurang disiplin dan siswi 77%. Keempat, displin
mentaati perintah guru respon guru berada pada 100% disiplin mentaati perintah
guru secara langsung dan siswi 90%. disiplin mentaati perintah guru secara tidak
langsung respon guru berada pada 75% disiplin dan siswi 75%.