EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN MUHADHARAH DITINJAU DARI KEDISIPLINAN SISWI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiqomah
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author ANISA
dc.date.accessioned 2023-01-20T03:24:22Z
dc.date.available 2023-01-20T03:24:22Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2179
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan survey awal yang menemukan ketidakdisiplinan siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak ketika mengikuti muhadharah yang memunculkan pertanyaan penelitian berikut ini. Pertama, dipertanyakan kedisiplinan waktu datang dan pulang kegiatan. Kedua, dipertanyakan kedisiplinan berpakaian dan atribut berpakaian pada saat kegiatan. Ketiga, dipertanyakan kedisiplinan mengerjakan tugas-tugas selama kegiatan berlangsung. Keempat, dipertanyakan kedisiplinan mematuhi perintah guru pembina kegiatan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuntitatif dengan jenis survey. Sumber data terdiri 4 pembina muhadharah. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas VII dan VIII tahun 2019/2020 dengan jumlah keseluruhan 264, Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampelnya adalah 159 siswi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumen. Kemudian data diolah dengan analisis data kuantitatif deskriptif dengan menggunakan persentase pada skala sikap guttman. Penelitian ini menyimpulkan hal-hal berikut. Pertama, menjawab pertanyaan tentang kedisplinan menghadiri menunjukan respon guru berada pada 50% disiplin datang dan siswi 62%, sedangkan disiplin pulang diperoleh respon guru 100% displin dan siswi 86%. Kedua, kedisplinan berpakaian dan atribut respon guru berada pada 100% disiplin dan siswi 100%, sedangkan displin atribut sepatu hitam respon guru berada pada 50% kurang disiplin dan siswi 93%, atribut kaos kaki putih polos respon guru 100% disiplin dan siswi 86%, kerundung berlogo madrasah respon guru 100% disiplin dan siswi 83%. Ketiga, tugas kelompok individu respon guru 100% dan siswi 81%, mengerjakan tugas terdiri dari dua orang respon guru berada pada 75% disiplin dan siswi 89%, mengerjakan tugas dalam satu kelompok lebih dari dua orang respon guru berada pada 100% disiplin dan siswi 96%, mengerjakan tugas dikelas respon guru berada pada 100% disiplin dan siswi 90%, mengerjakan tugas dirumah respon guru berada pada 100% disiplin dan siswi 74%, memperhatikan materi kegiatan muhadharah respon guru berada pada 50% kurang disiplin dan siswi 77%, memperhatikan format respon guru berada pada 50% kurang disiplin dan siswi 77%. Keempat, displin mentaati perintah guru respon guru berada pada 100% disiplin mentaati perintah guru secara langsung dan siswi 90%. disiplin mentaati perintah guru secara tidak langsung respon guru berada pada 75% disiplin dan siswi 75%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Evaluasi en_US
dc.subject Kegiatan Muhadharah en_US
dc.subject Disiplin en_US
dc.title EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN MUHADHARAH DITINJAU DARI KEDISIPLINAN SISWI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account