Abstract:
Penelitian ini dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui:
gambaran mengenai perencanaan kerja sama guru dan orang tua dalam
meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di Kelas IV Sekolah Dasar Pesantren
Anak Sholeh Auladul Yamin Sungai Raya, gambaran pelaksanaan perencanaan
kerja sama guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di
Kelas IV Sekolah Dasar Pesantren Anak Sholeh Auladul Yamin Sungai Raya dan
apa saja kendala yang dihadapi dalam membangun kerja sama guru dan orang tua
dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di Kelas IV Sekolah Dasar
Pesantren Anak Sholeh Auladul Yamin Sungai Raya Dalam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Hal tersebut digunakan untuk menggambarkan dan
meyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya kerja sama guru dan orang tua
dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di Kelas IV Sekolah Dasar
Pesantren Anak Sholeh Auladul Yamin Sungai Raya Dalam. Dalam penelitian ini
menggunakan alat pengumpulan data yakni: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan kerja sama yang
dilakukan guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan qur’an siswa pada
Sekolah Dasar Pesantren Anak Sholeh Aulaadul Yamin Sungai Raya Dalam
adalah mengadakan pertemuan atau rapat dengan orang tua siswa, melakukan
surat menyurat antara guru dan orang tua. 2) Pelaksanaan kerja sama guru dan
orang tua dalam meningkatkan hafalan qur’an pada siswa di Sekolah Dasar
Pesantren Anak Sholeh Aulaadul Yamin Sumgai Raya Dalam. berdasarkan hasil
penelitian dapat dipahami diantaranya: membagi tugas dengan orang tua siswa,
menetukan meteri yang akan di murojaah oleh orang tua ketika dirumah,
memberikan buku setoran tahfidz untuk mempermudah mengingat hafalan yang
akan di ulang dirumah, melakukan komunikasi dengan orang tua siswa,
melakukan pertemuan dengan orang tua siswa. 3) Kendala yang dihadapi guru
dalam membangun kerja sama guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan
qur’an pada siswa di Sekolah Dasar Pesantren Anak Sholeh Aulaadul Yamin
Sumgai Raya Dalam diantaranya: Kurangnya waktu guru dan orang tua untuk
mengontrol dan mendampingi siswa, Kurangnya perhatian orang tua, Orang tua
murid tidak mempunyai ilmu pengetahuan tentang Al-Qur’an atau pengetahuan
agama mereka sangat terbatas, Pengaruh media elektronik, hambatan dari anak-
anak yang kadang-kadang bermalas-malasan dan tidak mau mengikuti perintah
orang tua dan guru. Kondisi lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi hafalan
dan tingkah laku anak.