Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan Islam
yang terdapat didalam tradisi tepung tawar. Masyarakat hanya menjalankan dan
melaksanakan tanpa mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di
dalam tradisi tepung tawar, selain itu penelitian ini di lalakukan karena tradisi
tepung tawar ini sudah jarang dilakukan oleh masyarakat, sehingga tradisi ini
sudah hampir punah dikalangan masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini
yaitu: 1) Untuk mengetahui tata cara pelaksanaan tradisi Tepung Tawar pada
masyarakat Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung kabupaten Kapuas
Hulu, 2) Untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap tradisi Tepung Tawar
pada masyarakat Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung kabupaten Kapuas
Hulu, 3) Untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada tradisi
Tepung Tawar pada masyarakat Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung
kabupaten Kapuas Hulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
etnografi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu, observasi
partisipan, wawancara tidak terstruktur serta mendalam, dan dokumentasi.
Sedangkan instrument yang digunakan yakni lembar observasi, pedoman
wawancara, kisi-kisi wawancara, kamera, dokumen dan foto. Selanjutnya teknik
keabsahan data menggunakan trianggulasi dan member chek. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan dari analisis yang telah dilakukan, maka peneliti dapat
menyimpulkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan tradisi tepung tawar dimulai
kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, 2) Pandangan masyarakat
terhadap tradisi tepung tawar ini masih bersifat positif karena terdapat
manfaatnya,supaya masyarakat dari zaman ke zaman tidak melupakan tradisi yang
sudah ada sejak zaman nenek moyang, diyakini dapat menghilangkan pantang
larang bagi pelaksanan dan masyarakat, serta dengan adanya pelakasanaan tradisi
tepung tawar bias menambah ilmu pengetahuan bagi pelaksana dan generasi
selanjutnya, 3) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalam tradisi
tepung tawar yaitu bersyukur, kebersamaan, tanggung jawab, dan tolong
menolong.