NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI TEPUNG TAWARPADA MASYARAKAT DESA KARYA MANDIRIKECAMATAN HULU GURUNG KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN 2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah
dc.contributor.advisor Surianto
dc.contributor.author ZAKIYYAH, SITI
dc.date.accessioned 2023-01-20T02:15:46Z
dc.date.available 2023-01-20T02:15:46Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2170
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat didalam tradisi tepung tawar. Masyarakat hanya menjalankan dan melaksanakan tanpa mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam tradisi tepung tawar, selain itu penelitian ini di lalakukan karena tradisi tepung tawar ini sudah jarang dilakukan oleh masyarakat, sehingga tradisi ini sudah hampir punah dikalangan masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tata cara pelaksanaan tradisi Tepung Tawar pada masyarakat Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung kabupaten Kapuas Hulu, 2) Untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap tradisi Tepung Tawar pada masyarakat Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung kabupaten Kapuas Hulu, 3) Untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada tradisi Tepung Tawar pada masyarakat Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu, observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur serta mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan yakni lembar observasi, pedoman wawancara, kisi-kisi wawancara, kamera, dokumen dan foto. Selanjutnya teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi dan member chek. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari analisis yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan tradisi tepung tawar dimulai kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, 2) Pandangan masyarakat terhadap tradisi tepung tawar ini masih bersifat positif karena terdapat manfaatnya,supaya masyarakat dari zaman ke zaman tidak melupakan tradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang, diyakini dapat menghilangkan pantang larang bagi pelaksanan dan masyarakat, serta dengan adanya pelakasanaan tradisi tepung tawar bias menambah ilmu pengetahuan bagi pelaksana dan generasi selanjutnya, 3) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalam tradisi tepung tawar yaitu bersyukur, kebersamaan, tanggung jawab, dan tolong menolong. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Tradisi en_US
dc.subject Tepung Tawar en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Islam en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI TEPUNG TAWARPADA MASYARAKAT DESA KARYA MANDIRIKECAMATAN HULU GURUNG KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN 2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account