Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kota
Pontianak Kecamatan Pontianak Timur.Tahun pelajaran 2017/2018.Sudah sesuai dengan
prosedur. Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan baik dapat
dilihat dari pertanyaan yang yang peneliti tanyakan:1) langkah-langkah yang dilakukan
Guru meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam membaca Al-quran pada
pembelajaran pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 06
Pontianak.Memberikan motivasi,memberikan pertanyaan-pertanyaan materi yang akan
dipelajari atau yang sudah dipelajari dan mejelaskan tujuan dan manfaatnya. 2). metode
yang dilakukan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-
quran pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 06 Pontianak.
“siswa yang masih membaca Iqro’ akan disimak dan guru benarkan dari cara
membacanya seperti tajwid, makhorijul huruf dan hukum bacaannya dengan cara
berdiskusi dan debat perkelompok. Sedangkan bagi siswa yang sudah bisa membaca Al-
quran guru suruh mereka untuk membaca sendiri dan disimak oleh temannya yang sudah
bisa membaca Al-quran. 3).Faktor yang mempengaruhi upaya guru meningkatkan
kemampuan siswa dalam membaca Al-quran pada pembelajaran pembelajaran
pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 06 Pontianak. Faktor yang dapat
menghambat kemampuan siswa dalam membaca Al-quran yakni: manajemen kelas,
diantaranya adalah jika ada kegiatan yang harus meninggalkan jam pelajaran ,kurang
kesadaran peserta didik dalam memenuhi tugasnya,dan kelas yang mendapat jam terakhir.
Untuk memperoleh data penelitian yang dilakukan secara kualitatif juga
menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan tiga tahapan. Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Adapun teknik analisis data menggunakan
model interaktif yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Selanjutnya agar hasil
penelitian menunjukkan kebenarannya maka harus ada pengkajian atau pemeriksaan
ulang dari hasil data yang sudah diperoleh. Karena data yang diperoleh agar lebih valid
yaitu peneliti menggunakan triangulasi dan membercheck.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : secara khusus upaya guru PAI
dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dapat dikategorikan baik bahwa guru PAI telah mampu menjelaskan materi kepada
siswa, mengontrol aktivitas belajar, dan dapat mengatur faktor yang mempengaruhi
dikelas. Akan tetapi dalam membaca Al-quran terdapat beberapa aspek yang kurang
mendapatkan perhatian serius dari siswa seperti kurang memperhatikan saat guru
menjelaskan tata cara membaca Al-quran.