UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA AL-QURAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA NEGERI 06 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Suhardiman
dc.contributor.author ROHANI
dc.date.accessioned 2023-01-20T01:57:40Z
dc.date.available 2023-01-20T01:57:40Z
dc.date.issued 2020-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2168
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kota Pontianak Kecamatan Pontianak Timur.Tahun pelajaran 2017/2018.Sudah sesuai dengan prosedur. Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan baik dapat dilihat dari pertanyaan yang yang peneliti tanyakan:1) langkah-langkah yang dilakukan Guru meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam membaca Al-quran pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 06 Pontianak.Memberikan motivasi,memberikan pertanyaan-pertanyaan materi yang akan dipelajari atau yang sudah dipelajari dan mejelaskan tujuan dan manfaatnya. 2). metode yang dilakukan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al- quran pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 06 Pontianak. “siswa yang masih membaca Iqro’ akan disimak dan guru benarkan dari cara membacanya seperti tajwid, makhorijul huruf dan hukum bacaannya dengan cara berdiskusi dan debat perkelompok. Sedangkan bagi siswa yang sudah bisa membaca Al- quran guru suruh mereka untuk membaca sendiri dan disimak oleh temannya yang sudah bisa membaca Al-quran. 3).Faktor yang mempengaruhi upaya guru meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-quran pada pembelajaran pembelajaran pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 06 Pontianak. Faktor yang dapat menghambat kemampuan siswa dalam membaca Al-quran yakni: manajemen kelas, diantaranya adalah jika ada kegiatan yang harus meninggalkan jam pelajaran ,kurang kesadaran peserta didik dalam memenuhi tugasnya,dan kelas yang mendapat jam terakhir. Untuk memperoleh data penelitian yang dilakukan secara kualitatif juga menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan. Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Selanjutnya agar hasil penelitian menunjukkan kebenarannya maka harus ada pengkajian atau pemeriksaan ulang dari hasil data yang sudah diperoleh. Karena data yang diperoleh agar lebih valid yaitu peneliti menggunakan triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : secara khusus upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dikategorikan baik bahwa guru PAI telah mampu menjelaskan materi kepada siswa, mengontrol aktivitas belajar, dan dapat mengatur faktor yang mempengaruhi dikelas. Akan tetapi dalam membaca Al-quran terdapat beberapa aspek yang kurang mendapatkan perhatian serius dari siswa seperti kurang memperhatikan saat guru menjelaskan tata cara membaca Al-quran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA AL-QURAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA NEGERI 06 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account