Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa seperti
mendengarkan penjelasan dari guru, melihat, menulis pelajaran yang dipelajari,
bertanya atau menjawab pertanyaan dan guru masih menggunakan model
pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akidah akhlak. Pembelajaran
konvensional adalah proses belajar mengajar yang berlangsung secara tradisional,
yaitu dengan cara ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas. Guru juga
belum sepenuhnya menerapkan strategi pembelajaran misalnya model kontekstual
tanpa didukung media dalam proses pembelajaran sehingga kegiatan belajar
mengajar yang dilakukan kurang menarik, berlangsung monoton dan
membosankan, ketika guru menjelaskan materi pelajaran guru hanya duduk
dibangku sementara siswa banyak yang tidak memperhatikan melainkan sibuk
sendiri sedikit sekali siswa yang memperhatikan dan mendengarkan penjelasan
dari guru. Maka aktivitas siswa dalam proses pembelajaran perlu diperhatikan dan
ditingkatkan.
Tujuan penelitian untuk menganalisis: 1) aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan strategi Question Student Have 2)
Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Question Student Have
pada mata pelajaran akidah akhlak 3) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
akidah akhlak setelah menggunakan strategi Question Student Have 4)
Peningkatan aktivitas belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan
strategi Question Student Have pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI
Madrasah Aliyah Swasta Al-Adabiy Pontianak tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian
tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI
Madrasah Aliyah Swasta Al-Adabiy Pontianak dengan jumlah 26 siswa. Teknik
pengumpulan data ini melalui observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data
ini menggunakan instrument berupa lembar ovservasi daftar cheklist.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) aktivitas
belajar sebelum menggunkan strategi Question Student Have diperoleh rata-rata
prasiklus sebesar 2,34 atau 39,10%, 2) pelaksanaan strategi telah sesuai dengan
langkah-langkah penggunaan strategi Question Student Have, nilai pada siklus I
sebesar 75% dan siklus II 93,75%, 3) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
akidah akhlak setelah menggunakan strategi Question Student Have memperoleh
nilai sebesar 54,17% pada siklus I sedangkan pada siklus II 75,64%, 4) terdapat
peningkatan secara signifikan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan strategi
Question Student Have dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 46,63%,
peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 57,37% dan peningkatan aktivitas
belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 64,90%.