MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-ADABIY PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author GARSELA, RIRIN
dc.date.accessioned 2023-01-20T01:51:11Z
dc.date.available 2023-01-20T01:51:11Z
dc.date.issued 2020-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2167
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa seperti mendengarkan penjelasan dari guru, melihat, menulis pelajaran yang dipelajari, bertanya atau menjawab pertanyaan dan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akidah akhlak. Pembelajaran konvensional adalah proses belajar mengajar yang berlangsung secara tradisional, yaitu dengan cara ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas. Guru juga belum sepenuhnya menerapkan strategi pembelajaran misalnya model kontekstual tanpa didukung media dalam proses pembelajaran sehingga kegiatan belajar mengajar yang dilakukan kurang menarik, berlangsung monoton dan membosankan, ketika guru menjelaskan materi pelajaran guru hanya duduk dibangku sementara siswa banyak yang tidak memperhatikan melainkan sibuk sendiri sedikit sekali siswa yang memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru. Maka aktivitas siswa dalam proses pembelajaran perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Tujuan penelitian untuk menganalisis: 1) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan strategi Question Student Have 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Question Student Have pada mata pelajaran akidah akhlak 3) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak setelah menggunakan strategi Question Student Have 4) Peningkatan aktivitas belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan strategi Question Student Have pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Adabiy Pontianak tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Adabiy Pontianak dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar ovservasi daftar cheklist. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) aktivitas belajar sebelum menggunkan strategi Question Student Have diperoleh rata-rata prasiklus sebesar 2,34 atau 39,10%, 2) pelaksanaan strategi telah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan strategi Question Student Have, nilai pada siklus I sebesar 75% dan siklus II 93,75%, 3) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak setelah menggunakan strategi Question Student Have memperoleh nilai sebesar 54,17% pada siklus I sedangkan pada siklus II 75,64%, 4) terdapat peningkatan secara signifikan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan strategi Question Student Have dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 46,63%, peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 57,37% dan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 64,90%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aktivitas belajar en_US
dc.subject Strategi Question Student Have en_US
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-ADABIY PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account