Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Langkah-langkah
Pelaksanaan Muhadharah di Madrasah Tsanawiyah Darurrahmah Wallughah
Sungai Pinyuh Tahun Ajaran 2020/2021, 2) Sarana Pelaksanaan Muhadharah di
Madrasah Tsanawiyah Darurrahmah Wallughah Sungai Pinyuh Tahun Ajaran
2020/2021 dan 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Muhadharah
di Madrasah Tsanawiyah Darurrahmah Wallughah Sungai Pinyuh Tahun Ajaran
2020/2021.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pembimbing muhadharah,
kepada madrasah dan siswa yang mengikuti muhadharah untuk sampai pada
kesimpulan, peneliti menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri dari
3 komponen yaitu: reduksi data, Penyajian (display) data, dan verifikasi dan
penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan
adalah membercek, teknik triangulasi, dan menggunakan bahan referensi.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa: Langkah dalam pelaksanaan muhadharah yaitu pembukaan oleh MC,
pembacaan ayat suci al quran dan saritilawah oleh siswa yang sudah di tunjuk,
kemudian kultum, kesimpulan dan terakhir doa, 2) Sarana pelaksanaan
muhadharah di Madrasah Tsanawiyah Darurrahmah Wallughah Sungai Pinyuh
seperti mimbar berfungsi untuk melatih berbicara di depan kelas, papan tulis
berfungsi untuk menulis susunan acara kemudian tema muhadharah, meja kursi
sebagai sarana untuk duduk dan menulis bagi siswa selama muhadharah, buku,
kamus dan kitab lainnya berfungsi sebagai sumber isi dari kultum, 3) Pelaksanaan
muhadharah di Madrasah Tsanawiyah Darurrahmah Wallughah Sungai Pinyuh
Dukungan berupa waktu, dukungan dari madrasah berupa menetapkan
pembimbing dan pengurus, sarana dan prasarana menggunakan satu ruangan
untuk kegiatan. Faktor penghambat dalam kegiatan ini adalah kurangnya minat
dan motivasi.